PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR POWER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 2 HARAPAN JAYA SUKARAME

Tara, Panca Putri (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR POWER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 2 HARAPAN JAYA SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TARA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sesuai dengan visi SDN Harapan Jaya Sukarame Terwujudnya peserta didik yang cerdas dalam bidang ilmu pengetahuan, kecakapan hidup, berakhlak mulia, berbudaya, dan berkarakter bangsa , tentunya hasil belajar merupakan indicator yang penting guna mencapai visi tersebut. Pada mata pelajaran IPA di SD N Harapan Jaya Sukarame menggunakan KKM ≥ . Hanya siswa yang tuntas sedangkan siswa masih di bawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru bisa menggunakan media gambar PowerPoint. Pencapaian keberhasilan belajar mengajar memerlukan dukungan dari guru, siswa dan sekolah. Bermula dari permasalahan tersebut, peneliti berupaya mencoba menggunakan strategi pembelajaran dan media pebelajaran yang tepat ketika menyampaikan materi pelajaran IPA. Proses belajar mengajar akan berlangsung dengan efektif jikalau seorang guru mampu menggunakan strategi dan media pembelajaran yang tepat.Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Penerapan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Power Point Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Harapan Jaya Sukarame. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SDN Harapan Jaya Sukare,e dengan jumlah siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kreteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan pembahasan dalam skripsi ini, maka penulis mendeskripsikan sesuai dengan rumusan masalah penelitian bahwa Aktivitas guru dalam penerapan metode mind mapping dengan media power point pada pembelajaran tematik tema subtema pada tiap siklus mengalami peningkatan, nilai rata-rata yang di dapatkan pada siklus II memperoleh rata-rata termasuk dalam kategori baik sekali. Aktivitas siswa dalam penerapan metode mind mapping dengan media power point pada pembelajaran tematik tema subtema pada tiap siklus mengalami peningkatan, nilai rata-rata yang didapatkan pada siklus II memperoleh rata-rata termasuk dalam kategori baik sekali. Hasil belajar siswa melalui penerapan metode mind mapping dengan media power point pada pembelajaran tematik iv di SDN Harapan Jaya Sukarame yang di lihat dari nilai post-test pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yang ditentukan sekolah adalah . Pada siklus II hasil belajar memperoleh skor tuntas dan masuk dalam kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Kata Kunci: Mind mapping, media gambar power point, hasil belajar, SDN Harapan Jaya Sukarame

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:19
Last Modified: 07 Aug 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29379

Actions (login required)

View Item View Item