PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADAPEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN GEDONG TATAAN

NIKE, BELLA SHINTA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADAPEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN GEDONG TATAAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of NIKE BELLA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik wali kelas V dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran di SDN Gedung Tataan bahwa dalam proses belajar pendidik sudah menerapkan model pembelajaran yang variatif salah satunya Problem Based Learning yang cocok untuk kemandirian anak tetapi hasilnya belum maksimal hal tersebut terjadi karena saat proses pembelajaran anak kurang percaya diri, pada saat diminta untuk menjawab soal tidak ada yang berani dan percaya diri untuk menjawab soal yang diberikan pendidik, peserta didik belum memiliki kemandirian dalam belajar karena pada saat belajar peserta didik hanya menunggu pendidik menjelaskan dan tidak memberikan umpan balik terhadap apa yang disampaikan pen�didik sehingga pembelajaran belum memiliki kemandirian belajar yang maksimal sesuai yang pendidik harapkan.Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan terhadap Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Gedong Tataan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design berbentuk desain Pretest – Posttes Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah peserta didik SDN Gedong Tataan. Teknik sampling digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik cluster sampling. Yang terpilih sebagai kelas eksperimenadalah kelas V A yang berjumlah peserta didik sedangkan kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas V B dengan jumlah peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan homogenitas, data kemandirian belajar peserta didik yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan meggunakan uji-t independentkemandirian belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai taraf signifikan ( tailed) < yaitu . Yang mana artinya H ditolak dan H diterima. Hasil uji hipotesis menunjukan adanya perbedaan kemandirian belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh model iv Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SDN Gedong Tataan. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Kemandirian. v ABSTRACT Based on the results of interviews with homeroom educators of class V, it can be concluded that in learning at SDN Gedung Tataan, in the learning process, educators have implemented a Problem Based Learning learning model that is suitable for children's independence, but the results are not optimal. This happens because during the learning process, children lack confidence. , when asked to answer questions no one had the courage and confidence to answer the questions given by the educator, students did not yet have independence in learning because during learning students only waited for the educator to explain and did not provide feedback on what the educator conveyed so that learning do not have the maximum independence of learning as expected by educators.The purpose of this research is to determine the significant influence on the Contextual Teaching and Learning Learning Model in increasing Student Learning Independence in Class V Thematic Learning at SDN Gedong Tataan. The type of research used in this research is a Quasi Experimental Design in the form of a Pretest – Posttest Control Group Design. The population in this study were all fifth grade students with a total of students at SDN Gedong Tataan. The sampling technique used in this research is by using cluster sampling technique. The experimental class was chosen as the class VA with a total of students, while the class selected as the control class was class B with a total of students. Based on the results of normality and homogeneity test calculations, data on student learning independence obtained is normally and homogeneous, then proceed with hypothesis testing using the independent t-test of student learning independence between the experimental class and the control class obtained a significant level value ( tailed) < which is . Which means H is rejected and H is accepted. The results of the hypothesis test showed that there were differences in student learning independence between the experimental class and the control class. This shows that there is vi an influence of the Contextual Teaching and Learning model in increasing the learning independence of students in the thematic learning of class V SDN Gedong Tataan. Keywords: Contextual Teaching and Learning Model, Independence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:00
Last Modified: 07 Aug 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29378

Actions (login required)

View Item View Item