MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG

Anggi, Wahyuni (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.PDF] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANGGI.PDF] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam meningkatan mutu peserta didik di SD Insan Mandiri Bandar Lampung, meningkatkan mutu dilakukan dengan meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui penerapan indikator manajemen peserta didik yaitu : analisis kebutuhan peserta didik, rekruitmen peserta didik, pengelompokkan peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, perwakilan guru, wali murid, dan siswa. Teknik pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi data dilakukan dengan cara membandingkan kebenaran data atau informasi dari informan lain yang berbeda dengan teknik yang sama. Dalam analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukan bahwa:1) Analisis Kebutuhan Peserta Didik dilakukan dengan, menentukan jumlah peserta didik yang akan diterima berdasarkan daya tampung kelas, rasio murid dan guru. Setelah itu menyusun program kesiswaan berdasarkan visi misi sekolah, minat dan bakat peserta didik, sarana prasarana, anggaran, dan tenaga kependidikan yang tersedia. 2) Rekrutmen Peserta Didik dilakukan dengan membentuk panitia penerimaan peserta didik baru, pembuatan dan pemasangan pengumuman penerimaan peserta didik baru yang dilakukan secara terbuka. 3) Pengelompokkan Peserta Didik dilakukan dengan menerapkan fungsi integrasi yang mana dalam pengelompokkan peserta didik juga mempertimbangkan kesamaan usia siswa, Dan juga menerapkan fungsi perbedaan yang mana sekolah melakukan seleksi untuk mengetahui kemampuan siswa yang akan dikelompokkan pada kelas unggul dan reguler. 4) Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler. Dari berbagai bidang kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler SD Insan mandiri kerap kali menorehkan prestasi dalam setiap perlombaan yang diikuti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Manajemen Kesiswaan di SD Insan Mandiri berjalan cukup baik. bagi mutu lembaga pendidikan, manajemen kesiswaan yang baik akan menghasilkan peserta didik yang berprestasi di bidang akademik iii maupun non akademik. Dengan begitu lembaga pendidikan akan menarik minat para orang tua untuk mempercayai anaknya menempuh pendidikan di lembaga pendidikan tersebut. Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:52
Last Modified: 07 Aug 2023 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29377

Actions (login required)

View Item View Item