UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MIS SUNAN DRAJAT KECAMATAN GEDUNG AJI BARU KABUPATEN TULANG BAWANG

DENI, PRASTIA (2023) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MIS SUNAN DRAJAT KECAMATAN GEDUNG AJI BARU KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DENI PRASTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kepala MIS Sunan Drajat Kabupaten Tulang Bawang Kecamatan Gedung Aji Baru yang telah mengupayakan peningkatan kompetensi penidik di MIS Sunan Drajat. Tetapi terdapat beberapa masalah yaitu belum seluruh guru berkualifikasi S-1 atau D-4, masih ada guru yang kurang mampu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), para guru cenderung mengajar menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional pendidik di MIS Sunan Drajat, untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik di MIS Sunan Drajat, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan kompetensi pendidik MIS Sunan Drajat. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, trianguliasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah Kepala MIS Sunan drajat sudah mengupayakan peningkatan kompetensi profesional pendidik secara baik. Namun, terdapat faktor penghambat yaitu, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan juga Kepala MIS Sunan Drajat yang segan untuk menegur pendidik karena ditakutkan akan tersinggung. Kepala MIS kekurangan sarana dan prasana sekolah dengan begitu mengakibatkan pembelajaran dikelas terhalang menggunakan media seperti LCD dan juga Laptop, yang kedua Kepala MIS Sunan Drajat masih segan untuk menegur pendidik yang kurang profesional dalam lingkungan sekolah, maupun pendidik yang mengajar tanpa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kata Kunci : Kompetensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:59
Last Modified: 07 Aug 2023 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29372

Actions (login required)

View Item View Item