STRATEGI PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG

NELIZAWATI, SYAPARUDIN (2023) STRATEGI PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS CETAK NELI FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran merupakan sebuah komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, salah satunya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidik sebagai penentu metode dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Keberhasilan peserta didik dan keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari bagaimana strategi pembelajaran yang telah diterapkan oleh seorang pendidik terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun masih terdapat kekurangan dimana pendidik kurang memiliki strategi dan metode yang variatif dan membosankan dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk mempelajari mata pelajaran Pendidikaan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah unutk menganalisis Strategi Pendidik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ketapang Lampung Selatan Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis Data melalui Data Reduction (Reduksi Data), Data Verifiction (Verifikasi Data). Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan strategi pembelajaran pendidik dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui langkah-langkah berikut: a) analisis kurikulum Pendidikan Agama Islam, b) identifikasi kebutuhan peserta didik, c) menetapkan tujuan pembelajaran, d) memilih metode pembelajaran, e) mengembangkan materi pembelajaran, f) menyusun rencana pembelajaran, g) menyediakan penilaian dan umpan balik, h) memonitor dan evaluasi pembelajaran. 2) Implementasi strategi pembelajaran pendidik dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melaui langkah-langkah berikut: a) identifikasi kebutuhan peserta didik, b) penggunaan metode aktif, c) pembelajaran berbasis masalah, d) keterlibatan peserta didik secara aktif, e) pemanfaatan teknologi pembelajaran, f) evaluasi dan umpan balik. 3) Evaluasi strategi pembelajaran yang digunakan pendidik dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui pengamatan kelas, hasil tes, diskusi kelompok, dan tugas, serta melibatkan umpan balik peserta didik. 4) Faktor penghambat dan pendukung strategi pembelajaran pendidik dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam adalah yakni a) faktor internal, peserta didik belum memahami gaya belajar yang tepat untuk dirinya. Peserta didik kurang bisa mengatur kestabilan konsentrasi belajar dalam durasi yang lama, dan pendidik kesulitan untuk memahami strategi yang tepat sesuai gaya belajar peserta didik. dan b) faktor eksternal yaitu kurangnya sarana dan fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaraan seperti LCD dan sound system. dan keterbatasan literatur berupa buku yang disediakan di perpustakaan sekolah. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. ABSTRACT The learning strategy is a very influential component in the world of education, one of which is in the learning process of Islamic religious education. The teacher as a determinant of the method in learning has a very important role in improving student learning outcomes. The success of students and the success of a learning process can be seen from how the learning strategies that have been applied by a teacher, especially in learning Islamic religious education. However, there are still deficiencies where the teacher lacks varied and boring strategies and methods in the learning process so that students are less motivated to study Islamic education subjects. The purpose of this study is to analyze Educators' Strategies in Improving Learning Outcomes of Islamic Religious Education at Senior High School Negeri 1 Ketapang South Lampung Regency, Lampung Province. This type of research is a qualitative field research which is descriptive in nature. Sources of data in this study are primary data and secondary data. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data analysis through data reduction, data verification. Data validity check with source triangulation, engineering triangulation, and time triangulation. The results of the study show that 1) Educators plan learning strategies in improving learning outcomes in Islamic Religious Education through the following steps: a) analysis of islamic religious education curriculum, b) identify student needs, c) set learning objectives, d) choose learning methods, e) developing learning materials, f) developing learning plans, g) providing assessment and feedback, h) monitoring and evaluation of learning, 2) implementation of teacher learning strategies in improving learning outcomes of islamic religious education through the following steps: a) identification of needs students, b) use of active methods, c) problem-based learning, d) active involvement of students, e) utilization of learning technology, f) evaluation and feedback, 3) evaluation of learning strategies used by educators in improving learning outcomes of religious education islam through class observations, test results, group discussions, and assignments, as well as involving student feedback. 4) Inhibiting and supporting factors for educators' learning strategies in improving learning outcomes in Islamic Religious Education are a) internal factors, students do not understand the appropriate learning style for themselves. Students are less able to regulate the stability of learning concentration for a long duration, and educators have difficulty understanding the right strategies according to students' learning styles. and b) external factors, namely the lack of facilities and amenities that support learning activities such as LCD and sound system. and limited literature in the form of books provided in the school library. Keywords : Learning Strategies, Learning Outcomes, Islamic religious education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:49
Last Modified: 10 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29369

Actions (login required)

View Item View Item