PENGARUH PENGELOLAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandar Lampung tahun 2018-2020)

Rosa, Kumala Dewi (2023) PENGARUH PENGELOLAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandar Lampung tahun 2018-2020). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ROSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan dana zakat merupakan hal yang harus didukung dengan peranan amil yang professional agar dampak zakat secara social ekonomi dapat dirasakan oleh masyarakat. Adanya zakat produktif dalam bentuk pemberian modal usaha dan bimbingan serta pendampingan dalam menjalankan usaha dapat memberikan dampak positif bagi penerima zakat produktif. Permasalahan dalam skrispsi ini adalah apakah pengelolaan dana zakat produktif dapat mengentaskan kemiskinan di Kota Bandar Lampung dan seberapa berpengaruh dana zakat yang diberikan kepada mustahik dalam merubah perekonomian mustahik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriftif. Demgan Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh, yakni Teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian pengelolaan dana zakat produktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengentasan kemiskinan mengalami produktifitas pada kemiskinan mencapai hasil 64,4%. Kemudian hasil yang didapat dari hasil perhitungan pengelolaan dana zakat tersebut yang menunjukkan nilai signifikan 0,000, signifikansi lebih kecil dari 0,05 (P<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,672. Hal tersebut membuktikan bahwa zakat produktif yang baik akan berdampak pada peningkatan pendapatan mustahik. Kata Kunci : Pengelolaan Zakat Produktif, Pengentasan Kemiskinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:28
Last Modified: 07 Aug 2023 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item