PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION(AIR) BERBANTU AUDIO VISUAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

LIA, NOVITA SARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION(AIR) BERBANTU AUDIO VISUAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 4 Pringsewu pendidik belum perna menerapkan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran AIR berbantu audio visual. Model pembelajaran AIR merupakan model pembelajaran yang akan maksimal jika menekankan 3 aspek yaitu auditory ( belajar sambil mendengar). intellectually ( belajar sambil berpikir kritis dam pemecahan masalah), dan repetition (pengulangan). Audio visual dalam pembelajaran ini menggunakan video pembelajaran yang bertujuan untuk menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah suatu usaha untuk menyelesaikan suatu permasalahan sedangkan kemampuan berpikir kritis adalah berpikir secara rasional (masuk akal). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental desain atau penelitian yang mempunyai kelas kontrol tetapi tidak dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi proses eksperimen. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Pringsewu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu sebanyak tiga kelas, kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantu audio visual, kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran AIR, dan kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah), Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah tes bentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji One Way MANOVA. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran AIR berbantu audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Pringsewu. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan Independent uji One Way MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < = 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci :Model pembelajaran AIR, Audio visual, kemampuan pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir kritis iv ABSTRACT Based on research conducted at SMP Negeri 4 Pringsewu, educators have never implemented learning activities using the audio�visual assisted AIR learning model. The AIR learning model is a learning model that will be maximized if it emphasizes 3 aspects, namely auditory (learning while listening). intellectually (learning while thinking critically and solving problems), and repetition (repetition). Audio-visual in this study uses learning videos that aim to attract students' interest in the learning process. Problem solving ability is an attempt to solve a problem while critical thinking ability is thinking rationally (reasonably). This research is a quasi�experimental research design or research that has a control class but cannot control all external variables that affect the experimental process. The subjects of this study were class VIII students at SMP Negeri 4 Pringsewu. The sampling technique in this study used cluster random sampling, namely three classes, class VIII 5 as the experimental class 1 using the audio-visual assisted AIR learning model, class VIII 8 as the experimental class 2 using the AIR learning model, and class VIII 7 as the control class. using conventional learning (lectures), the data collection technique used is an essay form test to measure problem solving abilities and critical thinking skills. The data analysis technique used is the One Way MANOVA Test. Based on the results of the hypothesis testing that has been done, it can be concluded that there is a significant influence of the audio�visual assisted AIR learning model on the problem solving abilities and critical thinking skills of class VIII students at SMP Negeri 4 Pringsewu. This can be seen from the calculations using the Independent One Way MANOVA test, a significant level of 0.000 < α = 0.05 is obtained so that H0 is rejected and H1 is accepted. Keywords: AIR learning model, Audio visual, problem solving ability, and critical thinking ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:51
Last Modified: 07 Aug 2023 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29349

Actions (login required)

View Item View Item