PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN MANAJEMEN ASET TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Indeks (JII) Tahun 2018 – 2021)

Indah, Sartika Siregar (2023) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN MANAJEMEN ASET TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Indeks (JII) Tahun 2018 – 2021). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan pada periode tertentu. Dalam hal ini keuntungan perusahaan bisa menunjukkan kinerja disebuah perusahaan, dimana perusahaan yang mempunyai kemampuan menghasilkan laba yang baik dapat menunjukkan kinerja perusahaan baik. Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dalam kegiatan operasinya merupakan salah satu fokus utama yang dilakukan perusahaan dalam menilai prestasi perusahaan, karena laba perusahaan selain dijadikan sebagai indikator kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban para pemegang saham juga merupakan elemen penting dalam penciptaan nilai perusahaan yang bisa menunjukkan prospek perusahaan dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan manajemen aset terhadap profitabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder dari tahun 2018-2021 yang diperoleh dari situs resmi JII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi dan studi pustaka berupa laporan keuangan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan di Jakarta Islamic Indeks. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan selama empat tahun yaitu periode 2018-2021 sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 32 sampel. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan atau bersamaan variabel independen yaitu likuiditas, leverage, dan manajemen aset berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara parsial variabel likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, demikian juga manajemen aset berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Manajemen Aset, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:18
Last Modified: 07 Aug 2023 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29340

Actions (login required)

View Item View Item