TRADISI NUGAL DALAM MEWUJUDKAN SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT DI DESA KARANG RAJA KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

WIDI, AKSARI DIAH DININGRUM (2023) TRADISI NUGAL DALAM MEWUJUDKAN SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT DI DESA KARANG RAJA KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIDI AKSARI DIAH DININGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nugal merupakan tradisi atau kebiasaan yang kini masih dilaksanakan dan di lestarikan oleh masyarakat Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan ketika pelaksanaan musim tanam telah tiba. Dalam proses pelaksanaannya tradisi ini melibatkan banyak orang, orang-orang sekitar desa, tua�muda, maupun remaja. Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana Tradisi Nugal di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan dan bagaimana tradisi ini dalam mewujudkan solidaritas sosial masyarakatnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana eksistensi Tradisi Nugal dalam mewujudkan solidaritas sosial masyarakat di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan, serta bagaimana Tradisi Nugal dalam membentuk solidaritas masyarakat di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) maksudnya menjelaskan kondisi masyarakat berdasarkan data yang bersifat apa adanya di lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dengan analisis data Miles dan Huberman yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Karang Raja yang ikut serta dalam pelaksanaan Tradisi Nugal. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, dalam memperoleh data dari informan penelitiannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi Tradisi Nugal dalam mewujudkan solidaritas sosial masyarakat Desa Karang Raja karena dibutuhkan oleh masyarakat yang masih memegang teguh tradisi kemudian dapat memangkas biaya akibatnya biaya relatif lebih murah dan pekerjaan akan terasa lebih ringan karena di lakukan secara bersama-sama sehingga masyarakat melaksanakannya secara bergantian. Terbukti dengan derasnya arus globalisasi dan modernisasi tidak mengikis budaya gotong royong dalam hal ini yaitu Tradisi Nugal. Tradisi Nugal dalam membentuk solidaritas sosial masyarakat Desa Karang Raja ialah manusia sebagai makhluk sosial, keikhlasan berpartisipasi dalam kebersamaan serta menjaga persatuan, adanya kesadaran saling membantu serta mengutamakan kepentingan bersama atau umum, peningkatan atau pemenuhan kesejahteraan, usaha penyesuaian serta integrasi atau penyatuan kepentingan bersama, serta Tradisi Nugal ini membentuk solidaritas mekanik masyarakat Desa Karang Raja. Kata Kunci : Tradisi Nugal, Solidaritas Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:12
Last Modified: 07 Aug 2023 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29338

Actions (login required)

View Item View Item