BIMBINGAN KARIR DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA TUNARUNGU DI SLB PKK NEGERI PROVINSI LAMPUNG

Mia, Ayu Lestari (2023) BIMBINGAN KARIR DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA TUNARUNGU DI SLB PKK NEGERI PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Anak tunarungu adalah sosok yang membutuhkan perlindungan dari orang dewasa disekitarnyan baik orang tua, sekolah, lingkungan dan kerabat terdekatnya permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi dari anak tunarungu ini berkaitan dengan rasa takut melakukan hal-hal baru, kurangnya pendidikan yang layak, dan kurangnya motivasi atau support, hal-hal tersebut akan membuat kebanyakan anak tunarungu hanya berdiam diri dirumah dan kurang aktivitas, oleh sebab itu SLB PKK Provinsi Bandar Lampung memiliki sebuah bimbingan yang dapat membantu anak tuna rungu itu sendiri bimbingan yang diberikan iyalah Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Dan Siswi Tuna Rungu di SLB PKK Provinsi Bandar Lampung. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pelaksanaaa bimbingan karir dalam meningkatkan kreativitas siswa dan siswi tuna rungu di SLB PKK Provinsi Bandar Lampung. Jenis penelitian ini iyalah field research (penelitian lapangan), dengan sifat penelitian metode kualitatif deskriptif yaitu yang menggambarkan secara lengkap data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu 2 orang guru pengajar , dan 6 siswa dan siswi tuna rungu tekhnik analisis data pada penelitian ini mengunakan teori Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru kelas yaitu dengan melakukan tahapan bimbingan karir yaitu : 1) Analisis Kebutuhan meliputi pengamatan atau menganalisis yang dilakukan guru kelas untuk melihat keterampilan yang dimiliki siswa dan siswi dari mereka duduk di sekolah menengah pertama. 2) perencanaan yaitu setelah guru kelas melakukan analisis kebutuhan akan melakukan kordinasi dengan guru lainnya sehingga data mennetukan materi yang tepat,jadwal,tempat dan juga waktu sehingga dapat memkasimalkan bimbingan yang diberikan. 3). pelaksanaan kegiatan,yaitu meliputi tahap akademik yaitu meliputi pembelajaran formal seperti biasa seperti bahasa Indonesia,matematika, bahasa inggris,sejarah,dan ppkn dan pengembangan diri meliputi keterampilan yang berupa, menjahit, tata rias dan tata boga.4) evaluasi hasil yaitu kegiatan bimbingan karir yang diberikan memberikan perubahan bagi siswa dan siswi yang mengikuti bimbingan, mereka memiliki perubahan yang sesuai dengan tujuan diadakan nya iii bimbingan karir ini sehingga bimbingan karir ini bisa dikatakan berjalan dengan baik apabila siswa dan siswi yang mengikuti bimbingan bisa menjadi seperti yang diharapkan, dan kenyataan dilapangan memang benar bahwasannya siswa dan sisiwi yang mengikuti bimbingan mampu dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki kreativitas dalam bidang nya masing-masing. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Kreativitas Siswa dan Siswi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:12
Last Modified: 07 Aug 2023 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29337

Actions (login required)

View Item View Item