PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEHNIK DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP N 4 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024

REFI, ZALINDRI (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEHNIK DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP N 4 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEHNIK DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP N 4 NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh : Refi Zalindri Sekolah Menengah Pertama merupakan satuan pendidikan lanjutan dari sekolah dasar (SD/MI). Sekolah menengah yang umumnya dilakoni oleh para remaja sering kali memuculkan permasalahan yang cukup majemuk dan kompleks saat proses belajar mengajar berlangsung. Rendahnya minat belajar peserta didik, kurangnya semangat dalam proses belajar hingga bermuara pada rendahnya hasil belajar. Hal tersebut merupakan tantangan yang hingga dewasa ini diperlukan perhatian secara khusus dan seksama agar ditemukan formula khusus untuk mengatasinya. Beranjak dari gagasan teori para ahli yang menyebutkan bahwa, faktor-faktor permasalahan muncul salah satunya dikarenakan kejenuhan dengan metode pembelajaran biasa atau secara langsung (Dirctinstruction). Rendahnya hasil belajar juga terjadi di SMP Negeri 4 Natar Lampung selatan. Terdapat puluhan peserta didik kelas VIII yang memiliki hasil belajar yang rendah dibeberapa mata pelajaran. Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan ketika proses belajar mengajar dilaksanakan menggunakan teknik diskusi yang secara harfiah terintegrasi dengan keilmuan Bimbingan dan Konseling. penelitian ini berjudul “Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Dengan Tehnik Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP N 4 Natar Lampung Selatan” penelitian menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. objek penelitian ini peserta didik kelas VIII dengan jumlah populasi 180 peserta didik yang terdiri dari 6 kelas, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling yakni teknik sampling iii aksidental/incidental yaitu pengelompokan atas populasi yang karakteristiknya sama, dimana yang menjadi sampel ialah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan VIII C sebagai kelas kontrol, terpilihnya sampel karna karakteristiknya homogen atau sama baik dari pengetahuan ataupun sikap. Dengan jumlah masing-masing kelas 30 peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji parametric Independent Sample T-Test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan test untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik sesuai topic pembahasan dengan menggunakan metode diskusi. Dari hasil analisis yang didapat dari uji tersebut, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. < 0,05, yang berarti hipotesisi alternative (Ha) diterima dan (H0) ditolak dengan demikian pembelajaran menggunakan metode diskusi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Teknik Diskusi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:10
Last Modified: 07 Aug 2023 02:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29326

Actions (login required)

View Item View Item