PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG

Destiani, Nabilla (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi merupakan sebuah perangkat yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran aktif di desain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mempunyai sikap kemandirian, mampu berpikir kritis, dan kreatif. Maka dari itu pendidik dituntut untuk kreatif melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan materi dan diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran aktif. Dari hasil penelitian di SMP Negeri 34 Bandar Lampung, pendidik mata pelajaran PAI sudah menerapkan ragam strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Ragam Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Dalam teknik analisis data dilakukan melalui tahap-tahap berikut yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Dan Penarikan Kesimpulan (Conclussion Drawing/Verification). Dalam menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik Triangulasi Sumber, teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Keaktifan peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Bandar Lampung terbilang cukup aktif, dengan di terapkannya strategi pembelajaran aktif di harapkan agar peserta didik tidak mengalami penurunan dalam keaktifan belajar pada saat pembelajaran berlangsung, karena jika tidak adanya keaktifan dalam pembelajaran maka tujuan pembelajaran akan sulit tercapai. Maka dari itu selalu ada peningkatan keaktifan iii belajar agar mendapatkan hasil yang baik. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, didapatkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif mata pelajaran PAI di SMP Negeri 34 Bandar Lampung dilaksanakan dua jam pembelajaran perminggu dan dalam proses pembelajarannya guru menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Jigsaw 2). Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 34 Bandar Lampung, antara lain adalah adanya sarana dan sumber belajar yang lengkap seperti gedung sekolahan yang kondusif, tempat beribadah, ruang Laboratorium dan guru yang terlatih, adanya media pembelajaran seperti perlengkapan Shalat, dan sumber belajar seperti buku panduan dan buku-buku bacaan. Kemudian Faktor pendukung (active learning strategy) yang kedua adalah profesionalisme dan semangat guru pendidikan agama islam sendiri dalam membimbing, membina mengarahkan, mengontrol dan mengevaluasi anak didiknya, dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Sedangkan Faktor penghambat penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dalam pembelajaran PAI Kelas VII SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Diantaranya adalah sebagian dari peserta didik masih enggan untuk mengemukakan pendapat, faktor penghambat yang kedua adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda, yaitu keberadaan keluarga siswa dalam menciptakan kondisi belajar siswa di kelas dan di rumah. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran aktif, Keaktifan, Mata Pelajaran PAI Kelas VII, SMP Negeri 34 Bandar Lampung iv ABSTRACT Strategy is a very important device in achieving learning objectives. Active learning strategies are designed to create a learning atmosphere that stimulates the active involvement of students in the learning process, so that students have an attitude of independence, are able to think critically and creatively. Therefore educators are required to be creative in carrying out various strategies that are appropriate to the material and are expected to be easily accepted by students. One strategy that can be applied is an active learning strategy. From the results of research at SMP Negeri 34 Bandar Lampung, PAI subject educators have implemented a variety of active learning strategies in PAI learning. The purpose of this study was to find out the application of a variety of active learning strategies in increasing student activity in PAI Class VII subjects at SMP Negeri 34 Bandar Lampung. This research is a field research or field research with a qualitative research type, data collection techniques in this study include observation methods, interview methods, and documentation methods. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis consisting of data reduction, data presentation and data verification. The data analysis technique is carried out through the following stages, namely Data Reduction, Data Display, and Conclusion Drawing/Verification. In testing the validity of the data, the authors use the source, technique and time triangulation technique. The results of this study indicate that: 1). The activity of students in class VII SMP Negeri 34 Bandar Lampung is quite active, with the implementation of active learning strategies it is hoped that students will not experience a decrease in learning activity during learning, because if there is no activity in learning, learning objectives will be difficult to achieve. Therefore there is always an increase in learning activity in order to get good results. From the results of the analysis carried out by the author, it was found that the implementation of the active learning strategy for PAI subjects at SMP Negeri 34 Bandar Lampung was v carried out two hours of learning per week and in the learning process the teacher used the Jigsaw type active learning strategy 2). Factors that support the implementation of the implementation of an active learning approach (active learning strategy) in learning Islamic religious education (PAI) in class VII SMP Negeri 34 Bandar Lampung, include the existence of complete learning facilities and resources such as conducive school buildings, places of worship , laboratory space and trained teachers, learning media such as prayer equipment, and learning resources such as guidebooks and reading books. Then the second supporting factor (active learning strategy) is the professionalism and enthusiasm of the Islamic religious education teacher himself in guiding, fostering, directing, controlling and evaluating his students, in teaching and learning activities in class. While the inhibiting factors for the application of an active learning approach (active learning strategy) in learning PAI Class VII SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Among them is that some of the students are still reluctant to express opinions, the second inhibiting factor is the different backgrounds of students, namely the existence of student families in creating conditions for student learning in class and at home. Keywords: Active Learning Strategies, Activeness, Class VII PAI Subjects, Public Middle Schools 34 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:59
Last Modified: 04 Aug 2023 08:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29322

Actions (login required)

View Item View Item