PEMBELAJARAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS X MA AL-IRSYAD DARUSSALAM FAJAR BULAN KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Sri, Rahayu (2023) PEMBELAJARAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS X MA AL-IRSYAD DARUSSALAM FAJAR BULAN KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Yang menjadi latar belakang dari penelitian ini ialah karena pembelajaran Al-Qur’an Hadist itu sangtalah penting di Madrasah karena pembelajaran High Order Thinking Skill ini memanglah sangat di butuhkan bagi guru sebagai salah satu inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadist karena seperti yang telah di rasakan sekaran ini tantangan zaman sudah semakin menantang khususnya dalam bidang dunia pendidikan Islam. Dan seperti yang kita ketahui bahwa Al-Qur’an dan Hadist itu adalah sumber ajaran Islam yang paling utama, oleh karena itu harus diterapkan pembelajaran yang tidak hanya sebatas menghafa saja, namun peserta didik juga harus mampu memahami dan menerapkan kandungan yang ada dalam al-Qur’an dan Hadist tersebut sehingga mampu untuk di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karen jika generasi Islam ini sudah paham dan mengaplikasikan al-Qur’an dan Sunnah sebagai pedoman hidup maka mereka akan mudah menjajaki arus tantangan zaman ini mereka akan melestarikan arus tantangan zaman yang membawa kebaikan dan akan semaksimal mungkin menumpas arus yang akan menjerumuskan mereka. Sedangkan untuk memahami pembelajaran Al-Qur’an Hadist ini sudah pasti dibutuhkan kemampuan untuk berfikir tingkat tinggi, oleh karena itu pembelajaran High Order Thinking Skill sangat di perlukan agar terlihat sampai dibatas mana kemampuan berfikir kritis siswa tersebut sehingga para pendidik bisa terus melakukan perbaikan sampai siswa benar-benar memiliki kemampuan pembelajaran High Order Thinking Skill yang baik. Maka dari apa yang sudah dijelaskan dalam latar belakang di atas peneliti menekankan yang menjadi titik permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS) dala mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas X MA Al-Irsyad Darussalam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memperoleh latar belakang di MA Al-Irsyad Darussalam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Penulis mengumpulkan data dengan cara metode observasi, wawancara serta juga dokumentasi. Dan analisis datanya memakai analisis kualitatif, adapun saat pemeriksaan keabsahan datanya memakai teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan : proses pelaksanaan pembelajaran High Order Thinking Skill dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X MA Al-Irsyad Darussalam melalui tiga tahap di antaranya yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan terakhir adalah penutup pelaksanaan pembelajaran ini di adakan di dalam ruang kelas X MA Al-Irsyad Darussalam. Adapun hasil yang di dapatkan dalam aspek koognitif dari hasil penelitian di atas di ketahui bahwa aktivitas pembelajarannya sudah selaras dengan pembelajaran High Order Thinking Skill. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan aktivitas pembelajaran High Order Thinking Skill dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat sudah berjalan dengan cukup baik. Kata Kunci : Pembelajaran HOTS, Al-Qur’an Hadist iv ABSTRACT The background of this research is because learning Al-Qur'an Hadith is very important in madrasas because learning High Order Thinking Skills is indeed very much needed by teachers as one of the innovations in the implementation of learning Al-Qur'an Hadith subjects because as has been felt now, the challenges of the times are increasingly challenging, especially in the field of Islamic education. and as we know that the Al-Qur'an and Hadith are the most important sources of Islamic teachings, therefore learning must be applied that is not only limited to memorizing, but students must also be able to understand and apply the content contained in the al-Qur'an. -The Qur'an and Hadith are so that they are able to be applied in everyday life, because if this generation of Muslims already understands and applies the Qur'an and Sunnah as a way of life then they will easily explore the current challenges of this era they will preserve the flow challenges of the times that bring goodness and will as much as possible quell the currents that will plunge them. Meanwhile, to understand the learning of the Al-Qur'an and Hadith, it is certain that the ability to think at a higher level is needed, therefore, learning High Order Thinking Skills is very much needed so that it is seen to what extent the students' critical thinking abilities are so that educators can continue to make improvements until students really have good High Order Thinking learning skills. So, from what has been explained in the background above, the researcher emphasizes that the problem point in this research is How to Implement High Order Thinking Skill (HOTS) Learning in the Al-Qur'an Hadith Subject for Class X Students of MA Al-Irsyad Darussalam, Way District Tenong, West Lampung Regency, this research was conducted to find out how the implementation of High Order Thinking Skill (HOTS) learning in the Al-Qur'an Hadith Subject for Class X MA Al-Irsyad Darussalam, Way Tenong District, West Lampung Regency. The type of this research is qualitative research using a descriptive approach. This research obtained a background in MA Al-Irsyad Darussalam, Way Tenong District, West Lampung Regency. The author collects data by means of observation methods, interviews and also documentation. And the data analysis uses qualitative analysis. while checking the validity of the data using source triangulation techniques. The results of the study show: the process of implementing High Order Thinking Skill learning in Al-Qur'an Hadith Subject class X MA Al-Irsyad Darussalam through three stages including the initial activities, core activities and the last is closing the implementation of this learning is held in class X MA Al-Irsyad Darussalam. The results obtained in the cognitive aspect from the results of the research above show that the learning activities are aligned with the High Order Thinking Skill learning. This shows that the level of implementation of High Order Thinking Skill learning activities in the Al-Qur'an Hadith Subject, Way Tenong District, West Lampung Regency has been going quite well. Keywords : Learning HOTS, Al-Qur’an Hadist

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:44
Last Modified: 04 Aug 2023 08:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29320

Actions (login required)

View Item View Item