STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS FESTIVAL FILM BUDAYA NUSANTARA 2021 DALAM MENARIK MINAT PESERTA (Studi Institut Seni Budaya Indonesia Bandung)

Olyvia, Andini (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS FESTIVAL FILM BUDAYA NUSANTARA 2021 DALAM MENARIK MINAT PESERTA (Studi Institut Seni Budaya Indonesia Bandung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meneliti tentang Strategi Komunikasi Public Relations Festival Film Budaya Nusantara 2021 Dalam Menarik Minat Peserta (Studi Institut Seni Budaya Indonesia Bandung) dengan menggunakan teori Cutlip, Center dan Broom, yaitu Research/Fact Finding, Planning, Communication/Action dan Evaluation. Dalam hal ini Peningkatan jumlah peserta pada sebuah acara merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam pelaksanaan suatu acara tersebut. Dikarenakan pada tahun 2021 keadaan masih pada masa pandemi Covid-19 yang membuat berbagai macam festival acara digagalkan dan tidak memiliki banyak peserta seperti biasanya, Maka dari itu seorang Public Relations dituntut untuk menyusun strategi komunikasi agar mampu mengajak para sineas untuk mengembangkan kreativitas dibidang sinematografi dengan penekanan konsep budaya nusantara melalui festival film ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan Public Relations dan Ketua Pelaksana Festival Film Budaya Nusantara dan peneliti juga melakukan wawancara dengan juri dan tiga peserta Festival Film Budaya Nusantara. Data sekunder yaitu dari berbagai literatur yang relevan dengan objek penelitian, baik berupa transkip, artikel di surat kabar, majalah, website, dan blog di internet.. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan berfikir induktif yaitu perangkat kesimpulan, kesimpulan khusus, kemudian ditarik menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Public Relations Festival Film Budaya Nusantara 2021 dengan menggunakan strategi public relations menurut Cutlip, Center dan Broom yaitu mampu melakukan penyelidikan atau pemantauan sebelum adanya program yang diinginkan, lalu setelah itu membuat suatu perencanaan program yaitu menjalankan strategi yang akan digunakan untuk dapat menarik minat peserta dan menyediakan rencana cadangan untuk mengantisipasi adanya masalah yang tidak diinginkan. Selanjutnya melakukan program tindakan dan komunikasi sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Dan langkah yang terakhir yaitu penilaian atau evaluasi yang dapat menjadi tolak ukur untuk meninjau apakah event tersebut berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi public relations yang mampu membuat daya tarik bagi peserta yaitu untuk mencari pengalaman yang berharga, Selain itu peserta juga tertarik dengan hadiah yang ditawarkan Festival Film Budaya Nusantara 2021 yaitu dengan total hadiah 15.000.000 rupiah, sertifikat, dan trophy. Juri yang berkompeten juga merupakan salah satu alasan yang dapat menarik minat peserta. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Public Relations, Festival Film Budaya Nusantara, Minat Peserta. ABSTRAC This study aims to examine the Strategy Communication Public Relations for the Festival Film Budaya Nusantara 2021 in Attracting Participant Interests (Study of the Institute Seni Budaya Indonesia Bandung) using the Cutlip, Center and Broom theories, namely Research/Fact Finding, Planning, Communication/Action and Evaluation. In this case increasing the number of participants at an event is one indicator of success in implementing an event. Due to the fact that in 2021 the situation is still during the Covid-19 pandemic which has resulted in various kinds of festival events being thwarted and not having as many participants as usual, therefore a Public Relations is required to devise a communication strategy so as to be able to invite filmmakers to develop creativity in the field of cinematography with an emphasis on the concept of archipelago culture through this film festival. The research method used in this study uses a qualitative approach with the nature of qualitative descriptive research. Data were obtained from direct interviews with Public Relations and the Chief Executive of the Nusantara Cultural Film Festival and the researchers also conducted interviews with several participants of the Nusantara Cultural Film Festival. Also backed up with some data from the documentation. The results of this study indicate that the strategy carried out by the Public Relations of the 2021 Nusantara Culture Film Festival uses a public relations strategy according to Cutlip, Center and Broom, namely being able to carry out investigations or monitoring before the desired program exists, then after that make a program plan, namely implementing a strategy which will be used to attract participants' interest and provide a backup plan to anticipate unwanted problems. Then carry out action and communication programs in accordance with what has been planned. And the last step is an assessment or evaluation which can be a benchmark for reviewing whether the event is going well and as expected. Factors influencing the public relations communication strategy were able to attract participants, namely to seek valuable experience. In addition, participants were also interested in the prizes offered by the 2021 Nusantara Cultural Film Festival, namely a total prize of 15,000,000 rupiah, certificates and trophies. Competent judges are also one of the reasons that can attract participants' interest. Keywords: Communication Strategy, Public Relations, Nusantara Cultural Film Festival, Participant Interests.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:22
Last Modified: 04 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29317

Actions (login required)

View Item View Item