HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA

Nur, Muhammad Royyan (2023) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Nur Muhammad Royyan .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Adversity Quotient Dan Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Maahasiswa Oleh : Nur Muhammad Royyan Stres akademik suatu keadaan tidak menyenangkan disertai dengan perasaan cemas, khawatir, dan kurang nyaman karena sebuah tekanan yang diberikan terlalu sulit untuk di kerjakan, dengan adanya sebuah tekanan itu terjadilah sebuah guncangan-guncangan di dalam fikiran dan hati mahasiswa, apabila mahasiswa mampu menanggulanginya maka mahasiswa tersebut akan mampu menepis semua rasa cemas, khawatir, dan kurangnya kenyamanan yang disebabkan oleh tekanan itu sendiri. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Adversity Quotient Dan Self Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Teknik Elektro angkatan 2019, 2020 dan 2021 Institut Teknologi Sumatra sebanyak 104 mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunkan skala stres akademik berjumlah 33 aitem (ɑ = 0,934) skala adversity quotient 32 aitem (ɑ = 0,955) dan skala self efficacy 30 aitem (ɑ = 0,899), teknik analis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan Sofware JASP versi 0.16. Hasil penelitian pertama menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara adversity quotient dan self efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa Prodi Teknik Elektro dengan nilai R = 0.423 dan nilai F = 10.982 dengan taraf signifikan p <0.01 (p <0.01). Sumbangan efektif (SE) sebesar 17.9% dan sisanya 82.1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini. Kemudian yang kedua terdapat hubungan yang negatif signifikan antara adversity quotient dengan stres akademik pada mahasiswa Prodi Teknik Elektro dengan nilai (Rₓ1-y) = -0.318 dengan taraf signifikan p = 0.001 (p < 0.01) dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 7,44%. Ketiga terdapat hubungan yang negatif signifikan antara self efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa Prodi Teknik Elektro dengan nilai (Rₓ2-y) = -0.358 dengan taraf signifikan p = 0.003 (p < 0.01) dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 10,38%. Kata Kunci : Adversity Quotient, Self-Efficacy, Stres Akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:16
Last Modified: 04 Aug 2023 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item View Item