PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM DAN LINGKUNGAN PADA MATERI BILANGAN BULAT TINGKAT SMP/MTs

ELSA, TIA ARISKI (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM DAN LINGKUNGAN PADA MATERI BILANGAN BULAT TINGKAT SMP/MTs. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 5 dapus Elsa Tia Ariski.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Full Skripsi Elsa Tia Ariski.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul pada materi bilangan bulat bernuansa islam dan lingkungan sebagai inovasi dan menjasi solusi permasalahan pemahaman peserta didik terhadap materi bilangan bulat serta dapat menambah pengetahuan atau wawasan keterkaitan materi dengan nuansa islam dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyis, Design, Development, Implementation, and Evaluatin. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Swadiri 1 Seputih Agung dan MTs Darussalam Adijaya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, angket validasi, angket kemenarikan, dan tes. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli materi 3,53, ahli media 3,69, dan ahli agama 3,77 dengan kriteria “layak”. Uji respon kemenarikan oleh peserta didik pada uji kelompok kecil 3,53, kelompok besar 3,57 dengan kriteria “sangat menarik” di SMP Swadiri 1 Seputih Agung serta kelompok kecil 3,57 dan kelompok besar 3,60 dengan kriteria “sangat menarik” di MTs Darussalam Adijaya. Hasil efektivitas produk mendapatkan skor effect size 0,68 kategori “sedang” di SMP Swadiri 1 dan 0,85 kategori “tinggi” di MTs Darussalam Adijaya dan dapat dinyatakan bahwa modul efektif digunakan dalam pembelajaran. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa modul matematika bernuansa islam dan lingkungan materi bilangan bulat layak, menarik, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: modul, bernunasa islam dan lingkungan, bilangan bulat. iii ABSTRACT The purpose of this research and development is to produce teaching materials in the form of modules on integer material with Islamic and environmental nuances as an innovation and become a solution to the problem of students' understanding of integer material and can add knowledge or insight into the relationship of material with Islamic and environmental nuances. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research and development were class VII students at SMP Swadiri 1 Seputih Agung and MTs Darussalam Adijaya. The techniques used in collecting data are interviews, validation questionnaires, attractiveness questionnaires, and tests. The results of the due diligence by the material expert validator were 3.53, media experts 3.69, and religious experts 3.77 with the criteria of "adequate". The response of students in the small group test was 3.53, the large group was 3.57 with the criteria "very interesting" at SMP Swadiri 1 Seputih Agung and the small group 3.57 and the large group 3.60 with the criteria of "very interesting" at MTs Darussalam Adijaya. The product effectiveness results obtained an effect size score of 0.68 in the "medium" category at SMP Swadiri 1 and 0.85 in the "high" category at MTs Darussalam Adijaya and it can be stated that the module is effectively used in learning. So, it can be concluded that the mathematics module with Islamic nuances and the material environment for integers is feasible, interesting, and effective for use in learning. Keywords: module, Islamic and environmental nuances, integers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:08
Last Modified: 04 Aug 2023 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

View Item View Item