ANALISIS METODE BERCERITA DONGENG UNTUK MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK DIKELAS 4 SDN 3 TEGINENENG

DIAH, WULANDARI (2023) ANALISIS METODE BERCERITA DONGENG UNTUK MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK DIKELAS 4 SDN 3 TEGINENENG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi DIAH WULANDARI 3.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan metode bercerita dongeng untuk membentuk nilai-nilai karakter peserta didik di kelas 4 sd/mi metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Teknik dalam pengambilan datanya melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan analisis data, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai karakter peserta didik dikelas 4 tersebut masih sangat rendah sehingga perlu diperhatikan. Dan dalam pelaksaan metode bercerita dongeng untuk membentuk nilai-nilai karakter, guru harus mampu mengkondisikan kegiatan pembelajaran, mendorong kreativitas guru secara keseluruhan sehingga membuat situasi kelas menjadi nyaman dan menyenangkan. Sehingga dapat mencapai tujuan secara afektif dalam pembelajaran. Kesulitan guru dalam mengkondisikan dan mendorong kreativitas guru namun dapat dikatakan guru masih kurang. Cara mengatasi hambatan dalam pelaksaan metode bercerita dongeng untuk membentuk nilai-nilai karakter pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukan hambatan dalam pelaksanaan metode bercerita dongeng untuk membentuk nilai-nilai karakter pada peserta didik itu guru harus memiliki sikap tanggung jawab, mengembangkan keterampilan dan kreativitas dalam pembelajaran, mampu memiliki kemampuan intelektual yang dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui kurikulum, kemudian dapat memberikan contoh nilai-nilai karakter yang baik oleh peserta didik. Kata kunci : Bercerita Dongeng, Nilai-Nilai Karakter, Peserta Didik. iii ABSTRACT This study aims to analyze the implementation of the fairy tale storytelling method to shape the character values of students in grade 4 sd/mi. The method used in this research is descriptive qualitative research. The technique of collecting data is through observation, interviews, and documentation. Based on data analysis, the results of this study indicate that the character values of the 4th graders are still very low, so they need to be considered. And in implementing the fairy tale storytelling method to form character values, the teacher must be able to condition learning activities, encourage the creativity of the teacher as a whole so as to make the classroom situation comfortable and enjoyable. So that it can achieve the goals affectively in learning. The difficulty of teachers in conditioning and encouraging teacher creativity, but it can be said that teachers are still lacking. How to overcome obstacles in implementing the fairy tale storytelling method to form character values in students. The results of the study show that the obstacles in the implementation of the fairy tale storytelling method to form character values in students are that the teacher must have an attitude of responsibility, develop skills and creativity in learning, be able to have intellectual abilities that are designed according to community needs through the curriculum, then can provide examples. good character values by students. Keywords: Storytelling, Character Values, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:50
Last Modified: 04 Aug 2023 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29310

Actions (login required)

View Item View Item