ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN DINAS PARIWISATA DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN DAERAH (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran)

Raden, Masyahid (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN DINAS PARIWISATA DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN DAERAH (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RADEN MASYAHID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Negara Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat besar dan salah satu adalah banyaknya objek wisata yang tersebar di mana�mana di daerah. Sumber daya alam yang berlimpah seperti inilah yang juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah pada umumnya, ketika sumber daya tersebut dapat dikelola dengan baik oleh Pemerintah juga masyarakat maka juga akan menghasilkan bagi daerah tersebut. Keuntungan kepariwisataan secara ekonomi paling nyata terlihat dalam masalah ketenagakerjaan. Pariwisata menyediakan pekerjan bagi para karyawan hotel, pemandu wisata, karyawan restoran, dan pekerja dalam bidang lainnya. Di samping masalah-masalah ketenagakerjaan pariwista juga menghasilkan pendapatan yang menguntungkan penduduk lokal dengan meningkatkan aktivitas perekonomian. Terdapat beberapa permasalahan yang memerlukan pembahasan lebih lanjut dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Peran Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran dalam menunjang perekonomian daerah? Serta Bagaimana Analisis fiqh siyasah terhadap peran Dinas Pariwisata Kabupaten Pariwisata dalam menunjamg perekonomian daerah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh data dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai peran Dinas Pariwisata Kabupaten Pariwisata dalam menunjamg perekonomian daerah. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan bagaimana peran Dinas Pariwisata Kabupaten Pariwisata dalam menunjamg perekonomian daerah Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Peran Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran dalam menunjang perekonomian daerah sangat baik. Pemerintah telah mengeluarkan program unggulan berupa iii program ovod (one village one destination), program pengembangan jaringan kerjasama promosi pariwisata, program fasilitasi penyelenggaraan festival budaya daerah, program promosi seni budaya dan pameran produk unggulan, serta program pembinaan pada pemilik homestay dan villa. Analisis Fiqh Siyasah dalam Peran Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran dalam menunjang perekonomian daerah yaitu Dinas Pariwisata sebagai ulil amri diharapkan dapat memajukan pariwisata di daerah Pesawaran. Siyasah tanfiziyah sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berimbas pada kemaslahatan umat yaitu dalam rangka peningkatan perekonomian khussnya dibidang wisata alam. Namun, tetap menjaga dan melestarikan alam dengan baik. Kata Kunci: Pandangan Fiqh Siyasah, Peran Dinas Pariwisata Dalam Menunjang Perekonomian Daerah, Pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:27
Last Modified: 04 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29302

Actions (login required)

View Item View Item