Qiftiyah, Maratul
(2018)
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA
PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERINTEGRASI DENGAN
AYAT-AYAT AL QUR’AN KELAS V MI/SD.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Latar belakang pengembangan modul pembelajaran tema
peristiwa dalam kehidupan terintegrasi ayat-ayat Al Qur’an
adalah dengan melihat keadaan sumber belajar pada umumnya.
Di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar belum adanya modul
pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan ayat-ayat Al
Qur’an kelas V. Padahal sumber belajar yang terintegrasi dengan
ayat-ayat Al Qur’an sangat dibutuhkan untuk menunjang
kegiatan belajar mengajar, agar pelaksanaannya tidak ada
pemisahan antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum
karena sumber dari segala ilmu itu adalah satu yaitu Allah SWT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul
pembelajaran tematik terintegrasi ayat-ayat Al Qur’an dan
mengetahui bagaimana tingkat kelayakan dan kemenarikan
modul sehingga menghasilkan modul pembelajaran yang layak
dan bermanfaat bagi pembaca. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan
mengacu pada model Borg and Gall yang dikemukakan oleh
Sugiyono dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan
melibatkan 10 langkah utama yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2)
Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5)
Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba
pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produk masal. Penelitian
dibatasi pada tujuh tahapan yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2)
Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5)
Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
dengan menggunakan angket penelitian dan pengembangan
menghasilkan modul pembelajaran tematik teintegrasi ayat-ayat
Al Qur’an yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli
materi, media, dan pendidik. Hasil dari penilaian ini menunjukkan
bahwa modul pembelajaran tematik terintegrasi ayat-ayat Al
Qur’an mempunyai kelayakan yang sangat layak menurut ahli
ii
materi skor kualitasnya 3,39, ahli media skor kualitasnya 3,81,
penilaian pendidik mendapatkan skor kualitas 3,53 yang berarti
modul pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan.
Actions (login required)
 |
View Item |