PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERINTEGRASI DENGAN AYAT-AYAT AL QUR’AN KELAS V MI/SD

Qiftiyah, Maratul (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERINTEGRASI DENGAN AYAT-AYAT AL QUR’AN KELAS V MI/SD. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pengembangan modul pembelajaran tema peristiwa dalam kehidupan terintegrasi ayat-ayat Al Qur’an adalah dengan melihat keadaan sumber belajar pada umumnya. Di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar belum adanya modul pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan ayat-ayat Al Qur’an kelas V. Padahal sumber belajar yang terintegrasi dengan ayat-ayat Al Qur’an sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, agar pelaksanaannya tidak ada pemisahan antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum karena sumber dari segala ilmu itu adalah satu yaitu Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran tematik terintegrasi ayat-ayat Al Qur’an dan mengetahui bagaimana tingkat kelayakan dan kemenarikan modul sehingga menghasilkan modul pembelajaran yang layak dan bermanfaat bagi pembaca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model Borg and Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan 10 langkah utama yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produk masal. Penelitian dibatasi pada tujuh tahapan yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket penelitian dan pengembangan menghasilkan modul pembelajaran tematik teintegrasi ayat-ayat Al Qur’an yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli materi, media, dan pendidik. Hasil dari penilaian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik terintegrasi ayat-ayat Al Qur’an mempunyai kelayakan yang sangat layak menurut ahli ii materi skor kualitasnya 3,39, ahli media skor kualitasnya 3,81, penilaian pendidik mendapatkan skor kualitas 3,53 yang berarti modul pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:45
Last Modified: 27 Nov 2018 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item