PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PRESIDEN NOMOR 14 TAHUN 2021 TENTANG PENGADAAN VAKSIN DAN PELAKSANAAN VAKSINASI DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19 (Studi di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung)

RAKHA, RAMADHAN (2023) PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PRESIDEN NOMOR 14 TAHUN 2021 TENTANG PENGADAAN VAKSIN DAN PELAKSANAAN VAKSINASI DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19 (Studi di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAKHA RAMADHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung merupakan lembaga daerah yang memiliki tugas dan kewenangan dalam lingkup daerah Bandar Lampung terkait implementasi Perpres No. 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung memiliki peran penting dalam pelaksanaan vaksinasi di Kota Bandar Lampung, dalam pasal 13A ayat (4) diatur perihal sanksi administratif bagi penerima vaksin yang menolak divaksinasi yaitu adanya penundaan ataupun penghentian jaminan sosialnya. Rumusan Masalah dari penelitian ini yakni Bagaimanakah implementasi Pasal 13A ayat (4) Perpres No. 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin Dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19? serta Bagaimanakah perspektif Fiqh Siyasah terhadap implementasi Pasal 13A ayat (4) Perpres No. 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi Pasal 13A ayat (4) Perpres No. 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin Dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui perspektif Fiqh Siyasah terhadap implementasi Pasal 13A ayat (4) Perpres No. 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reaserch). Sifat penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif analisis yakni mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi Perpres No. 14 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Vaksin Dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, Implementasi Pasal 13A ayat (4) Perpres Nomor 14 Tahun 2021 oleh Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung belum terealisasi karena pada faktanya di lapangan tidak ada warga ataupun sasaran penerima vaksin yang menolak untuk divaksinasi, sehingga warga Kota Bandar Lampung tidak ada yang dikenakan sanksi administrasi yang termuat dalam Pasal 13A ayat (4) Perpres Nomor 14 Tahun 2021 yakni penundaan atau penghentian jaminan sosial dan pelayanan iii administrasi maupun denda. Kedua, Perspektif Fiqh Siyasah terkait Implementasi Pasal 13A Ayat (4) Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 Oleh Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung termasuk dalam penerapan siyasah tanfidziyyah karena adanya penerapan kebijakan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 merupakan upaya dari pemerintah untuk menanggulangi penyebaran pandemic covid-19 demi mewujudkan kemaslahatan masyarakat. Peraturan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh ulil amri (pemerintah) dalam rangka menanggulangi penyebaran virus Covid�19 dan masyarakat harus menuruti perintah dari para ulil amri sebagai bentuk kepatuhan. Walaupun masyarakat belum sepenuhnya melakukan vaksinasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:23
Last Modified: 04 Aug 2023 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item