TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN DALAM PENERAPAN HAK PENDIDIKAN NARAPIDANA (Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lampung)

IKA, ARIA ASTHARI (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN DALAM PENERAPAN HAK PENDIDIKAN NARAPIDANA (Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover Bab1-2 Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan bagi narapidana terdapat dalam Undang-Undang No. 22 Tahun2022 tentang Pemasyarakatan, dalam hal penerapan hak pendidikan dinyatakan di dalam Pasal 12 huruf C yang menyatakan “anak dan anak binaan berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran, dan kegiatan rekreasional, serta kesempatan mengembangkan potensi dengan memperhatikan kebutuhan tumuh kembangnya”. Anak yang berhadapan dengan hukum yang sedang menjalani proses rehabilitasi yang dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) terdekat, dengan begitu pun anak yang berhadapan dengan hukum tetaplah seorang manusia yang hak-haknya harus dilindungi serta dipenuhi meskipun ia telah melakukan tindak pidana. Hak atas pendidikan merupakan salah satu hak dasar yang harusnya didapatkan oleh tiap-tiap anak, tak terkecuali anak yang berhadapan dengan hukum. Anak yang bersalah pembinaannya ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Penempatan anak yang bersalah ke dalam Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak, dipisah-pisahkan sesuai dengan status kasus mereka masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hak pendidikan dan pengajaran bagi narapidana anak di LPKA Kecamatan Teginineng,Pesawaran Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan dalam Penerapan Hak Pendidikan Narapidana di Lembaga Pembinaan Khusus AnakKelas II Lampung? 2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Penerapan Hak Pendidikan Narapidana di Lembaga Pendidikan Khusus Anak Kelas II Lampung? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data (editing), klasifikasi dan sistematisasi data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi Undang�Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dalam Penerapan Hak Pendidikan Narapidana pada LPKA kelas II Bandar Lampung dalam penerapan hak pendidikan anak kurang sesuai dengan peraturan Undang-Undang No 22 Tahun 2022 Pasal 12 huruf iii C tentang Pemasyarakatan, dikarenakan beberapa faktorseperti sarana dan prasarana yang belum optimal, dan dapat berpengaruh bagi kelangsungan pemberian hak pendidikan bagi narapidana anak tersebut, hal ini dapat dilihat dari ruang kelas yang terbatas. Tinjauan Fiqh Siyasah Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dalam Penerapan Hak Pendidikan Narapidana dalam memberikan pendidikan sudah sesuai namun kurang dalam prasarana pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lampung. Kata Kunci : Pendidikan, Hak-Hak Narapidana Anak, Lembaga Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:18
Last Modified: 04 Aug 2023 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item View Item