PENGARUH GERAKAN JAMA'AH TABLIGH TERHADAP PENGALAMAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA HAJI MENA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Edi, Irawan (2023) PENGARUH GERAKAN JAMA'AH TABLIGH TERHADAP PENGALAMAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA HAJI MENA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh gerakan Jama’ah Tabligh terhadap pengalaman keagamaan masyarakat desa Haji Mena Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tentang pengalaman beragama dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini dengan mengamati Jama’ah Tabligh dalam pengaruhnya terhadap pengalaman keagamaan masyarakan desa Haji Mena Lampung Selatan . Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara dan pengamatan. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai metode yang digunakan Jama’ah Tabligh dalam penyebaran pemahamanya, sedangkan data sekunder berupa teori- teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi dan monografi desa. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan pengaruh gerakan Jama’ah Tabligh terhadap pengalaman keagamaan masyarakat desa Haji Mena. Hasil penelitian menujukkan bahwa Jama’ah Tabligh mempunyai strategi dalam melaksanakan dakwah yang mengajak kembali pada islama yang sesungguhnya sesuai ajaran Rosulullah Saw. Jama’ah tabligh mempunyai program yakni Khuruj atau keluar selama tiga hari, empat puluh hari, tiga bulan, dan satu tahun. Kegiatan Khuruj Jama’ah tabligh terdiri dari mengajak umat muslim untuk sholat berjama’ah, mendirikan sunnah nabi, dan berpakaian dengan syariat islam. Hal inilah yang menjadi sebab terjadinya perubahan pengalaman keagamaan masyarakat desa Haji Mena. Hal ini di buktikan dengan banyaknya perubahan pada masyarakat muslim desa Haji Mena dari segi pakaian, beribadah, dan kegiatan di masjid. Kata kunci: Desa Haji Mena,Gerakan keagamaan, Jama’ah Tabligh, Pengalaman Keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:35
Last Modified: 04 Aug 2023 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item