PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Febri, Dwi Nadila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Febri Dwi Nadila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scaffolding dan Self Confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Bersumber dari hasil pra penelitian yang menginformasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah dan proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Designs. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP Al Huda Jatiagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang menghasilkan dua kelas yakni, kelas pertama (VII-B) mengaplikasikan model pembelajaran Scaffolding dan kelas kedua (VII-A) mengaplikasikan model ekspositori. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes postes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian dan angket self confidence yang berbentuk pernyataan tertutup. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Oneway Analysis of Covariance (ANCOVA), dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Terdapat pengaruh peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dengan mengontrol self confidence. Kata Kunci: Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:20
Last Modified: 04 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29290

Actions (login required)

View Item View Item