ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN KECIL SIRING BABARAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN

BETI, LILI PRESTIKA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN KECIL SIRING BABARAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi_beti_lili_prestika_1811100327[1].pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN KECIL SIRING BABARAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN Tanya jawab adalah bagian utama dari kegiatan belajar siswa. Kegiatan tanya jawab adalah mengajukan pertanyaan faktual atau hipotesis yang dimulai dengan bimbingan dari guru hingga siswa memahami diri mereka sendiri dan menjadi kegiatan kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Tanya Jawab Siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negri Kecil Siring Babaran Kecamatan katibung Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, oleh karena itu penelitian ini lebih menekankan proses daripada hasil. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas IV SD Negeri Kecil Siring Babaran menggunakan instrumen lembar observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah ada 5 siswa yang telah memenuhi semua persyaratan indikator , bertanya, di sisi lain ada satu siswa yang hanya mencapai satu poin dari persyaratan, dua persyaratan dari indikator kemampuan bertanya dipenuhi oleh 10 siswa, ada dua siswa yang tidak dapat memenuhi persyaratan indikator kemampuan bertanya. Rintangan yang dialami siswa belum dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, kurang fokus dalam bertanya, kurang percaya diri, takut salah, malu ketika ditertawakan oleh teman mereka dan tidak mampu mengangkat suara sehingga pertanyaan dapat menjangkau seluruh kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setiap siswa siswa kelas IV SD Negeri Kecil Siring Babaran memiliki kemampuan bertanya yang berbeda Kata kunci: bertanya, ketrampilan bertanya, pembelajaran, pembelajaran tematik. ABSTRACT ANALYSIS OF STUDENTS' ABILITY IN APPLYING ASKING SKILLS IN CLASS IV THEMATIC LEARNING AT SDN KECIL SIRING BABARAN KATIBUNG SELATAN Questions and answers are the main part of student learning activities. Question and answer activities are asking factual or hypothetical questions that begin with guidance from the teacher until students understand themselves and become habitual activities. This study aims to describe students' ability to ask and answer questions in class IV thematic learning at SD Negri Kecil Siring Babaran, Katibung District, South Lampung. The method used in this study is a qualitative descriptive approach, therefore this study emphasizes process rather than results. The subjects in this study were 15 fourth grade students at SD Negeri Kecil Siring Babaran using observation sheets and interviews as instruments. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results of this study were that there were 5 students who had fulfilled all the indicator requirements, asked questions, on the other hand there was one student who only achieved one point from the requirements, the two requirements of the ability to ask indicators were fulfilled by 10 students, there were two students who could not fulfill the indicator requirements questioning ability. Obstacles experienced by students were not being able to use Indonesian correctly, not being able to focus on asking questions, lacking self-confidence, being afraid of being wrong, being embarrassed when their friends laughed at them and not being able to raise their voices so that questions could reach the whole class. The conclusion of this study is that each grade IV student at SD Negeri Kecil Siring Babaran has a different ability to ask questions Keywords: ask, skills ask, learn, thematic learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:18
Last Modified: 04 Aug 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29289

Actions (login required)

View Item View Item