PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK

LINDA, LIANTIKA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LINDA LIANTIKA CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi peserta didik yang terlihat pada saat pembelajaran peserta didik cenderung hanya menjadi pendengar dari materi yang dijelaskan oleh pendidik. Komunikasi matematis yang rendah akan mengakibatkan peserta didik lebih banyak diam dan kesulitan saat kegiatan belajar berlangsung. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran STEM menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan komunikasi matematis, ada tidaknya pengaruh tipe kepribadian menurut tipologi Hippocreates Galenus peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran pembelajaran STEM menggunakan bahan ajar gamifikasi dan tipe kepribadian terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah quasy exsperiment Design dan desain yang digunakan adalah Post-Test Only Control. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Subulussalam Sriwangi. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STEM menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan komunikasi matematis, kemampuan komunikasi peserta didik yang menggunakan gamifikasi lebih unggul dari pada model konvensional. Tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian Hippocreates Galenus peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran pembelajaran STEM menggunakan bahan ajar gamifikasi dan tipe kepribadian terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Model STEM, Gamifikasi, Komunikasi Matematis, Tipe Kepribadian. iii ABSTRACT This research is motivated by the low communication skills of students which can be seen when learning students tend to only be listeners of the material explained by educators. Low mathematical communication will result in students being more silent and having difficulties when learning activities take place. The purpose of this study was to determine whether or not there was an effect of the STEM learning model using gamification teaching materials on mathematical communication skills, whether there was an influence of personality types according to the Hippocreates Galenus typology of students on mathematical communication skills and whether there was interaction between STEM learning models using gamification teaching materials and personality type on mathematical communication skills. This type of research is quasy experimental design and the design used is Post-Test Only Control. The population of this study were all students of class VIII MTs Subulussalam Sriwangi. The technique used for sampling is the Cluster Random Sampling technique (class random technique). The data analysis technique used is two-way analysis of variance (ANOVA). The results showed that there was an effect of the STEM learning model using gamification teaching materials on mathematical communication skills, the communication skills of students using gamification were superior to conventional models. There is no effect of the Hippocreates Galenus personality type on students' mathematical communication skills and there is no interaction between the STEM learning model using gamification teaching materials and personality types on mathematical communication abilities. Keywords: STEM Model, Gamification, Mathematical Communication, Personality type.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:34
Last Modified: 04 Aug 2023 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29281

Actions (login required)

View Item View Item