EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF TALK TERHADAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SAAT BERBICARA DIDEPAN KELAS DI SMA NEGERI 2 PADANG CERMIN

SABRINA, AULIYA ZAHRA (2023) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF TALK TERHADAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SAAT BERBICARA DIDEPAN KELAS DI SMA NEGERI 2 PADANG CERMIN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SABRINA AULIYA ZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri merupakan peranan penting bagi peserta didik untuk menunjang prestasi disekolah, adapun untuk menunjang prestasi belajar peserta didik harus cukup percaya diri dalam berkomunikasi sosial. Jika percaya diri peserta didik bisa sikap positif maka ia mampu mengembangkan penilaian positif, baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku percaya diri saat berbicara didepan kelas pada peserta didik di SMA Negeri 2 Padang Cermin dengan menggunakan konseling individu dengan teknik self talk. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Padang Cermin. Proses penelitian ini berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama penelitian melakukan baseline A1, tahap kedua peneliti memberikan perlakuan (treatment) atau intervensi B, dan tahap terakhir yaitu baseline A2, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan ke arah yang lebih baik terhadap perilaku percaya diri peserta didik. Pada tahap baseline A1 terlihat perilaku percaya diri peserta didik menurun. Pada tahap intervensi saat diberikan perlakuan berupa konseling individu dengan teknik self talk menunjukan perubahan perilaku yang lebih stabil. Kemudian tahap baseline A2 tanpa diberikan intervensi menunjukan hasil yang semakin membaik. Dengan persentase overlape sebesar 1% sesuai dengan kriteria overlape dimana semakin kecil hasil overlape, maka semakin baik pengaruh yang diberikan intervensi pada peserta didik. Maka dapat dinyatakan bahwa perilaku percaya diri saat berbicara didepan kelas pada peserta didik di SMA Negeri 2 Padang Cermin mengalami perubahan kearah yang lebih baik dengan menggunakan teknik self talk. Kata kunci : Konseling Individu Self Talk, Percaya DirI. ABSTRACT Confidence is an important role for students to support achievement at school, while to support learning achievement students must be confident enough in social communication. If students are confident that they can have a positive attitude, then they are able to develop a positive assessment, both of themselves and the environment they face. The purpose of this study was conducted to determine changes in confident behavior when speaking in front of the class to students at SMA Negeri 2 Padang Cermin by using individual counseling with the self talk technique. This study used the Single Subject Research (SSR) method with an A-B-A design. The subject in this study was a student in class XI IPA 1 at SMA Negeri 2 Padang Cermin. The research process took place in 3 stages. The first stage of the research is to conduct baseline A1, the second stage is to provide treatment or intervention B, and the last stage is baseline A2, the data collection method used is observation. Interview and documentation. Data analysis uses analysis within conditions and analysis between conditions, presented in the form of tables and graphs. The results of the study showed that there was a change in a better direction towards the confident behavior of students. In the baseline stage A1, it can be seen that the students' self-confidence has decreased. At the intervention stage when given treatment in the form of individual counseling with self-talk techniques, it showed more stable behavior changes. Then the baseline A2 stage without intervention showed better results. With an overlap percentage of 1% according to the overlap criteria where the smaller the overlap result, the better the effect given by the intervention on students. So it can be stated that confident behavior when speaking in front of the class to students at SMA Negeri 2 Padang Cermin has changed for the better by using the self talk technique. Keywords: Self Talk Individual Counseling, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:29
Last Modified: 04 Aug 2023 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29280

Actions (login required)

View Item View Item