STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN MEDIA PUZZEL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN PENALARAN ADAPTIF

Halimah, Tusa’diyah (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN MEDIA PUZZEL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN PENALARAN ADAPTIF. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1&5 + DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI HALIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kalirejo Lampung Tengah pendidik belum pernah menerapkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Strategi pembelajaran REACT berbantuan media puzzle. Strategi pembelajaran REACT merupakan pembelajaran yang membantu pendidik untuk menghubungkan materi yang diajarkan dengan situasi di dunia nyata. Media pembelajaran puzzle bertujuan untuk melatih kerja sama peserta didik dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam penalaran adaptif dan berfikir kritis. Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penalaran adaptif merupakan suatu cara berfikir yang menghubungkan antara dua hal atau lebih berdasarkan sifat dan aturan tertentu yang sudah diakui kebenarannya dan menggunakan langkah – langkah pembuktian hingga mencapai suatu kesimpulan. Penelitian merupakan penelitian true eksperimental desain atau penelitian yang bertujuan mengontrol semua variabel luar yang memengaruhi jalannya eksperimen. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalirejo Lampung Tengah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu sebanyak 2 kelas, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT berbantuan media puzzle, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan literasi dan penalaran adaptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji One Way MANOVA. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran REACT berbantuan media puzzle terhadap kemampuan literasi matematis dan penalaran adaptif pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalirejo Lampung Tengah. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan Independent uji One Way MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < = 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran REACT, Media Puzzle, Kemampuan Literasi Matematis, Penalaran Adaptif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:26
Last Modified: 04 Aug 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29278

Actions (login required)

View Item View Item