IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V SDN KRUI

SEPTRI, AULIA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V SDN KRUI. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SEPTRI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V di SDN Krui, dimana pendidik hanya menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada pendidik saja sehingga peserta didik kurang aktif saat pembelajaran berlangsung, oleh karena itu dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif peserta didik untuk menciptakan ide-ide baru berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik. Dari data hasil observasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning yang bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Krui. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) model Kemmis & McTanggart dengan langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Krui. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Analisis penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan nilai tes. Indikator keberhasilan ketuntasan Mastery Learning . Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan dalam berpikir kreatif perserta didik menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra-siklus peserta didik memiliki presentase ketuntasan sebesar sedangkan yang belum tuntas . Tetapi setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning pada siklus I presentase ketuntasan peserta didik sebesar sedangkan yang belum tuntas . Pada siklus II mengalami peningkatan presentase sebesar sedangkan yang belum tuntas . Dari penelitian yang dilakukan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning dapat digunakan untuk mencapai ketuntasan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Berpikir Kreatif, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:16
Last Modified: 04 Aug 2023 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29276

Actions (login required)

View Item View Item