PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

NADIA, AYU LESTARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL NADIA AYU LESTARI.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ketidaktuntasan siswa ketika mempelajari matematika menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Berdasarkan dari hasil pra penelitian kemampuan berpikir kreatif siswa MAN 2 Bandar Lampung masih tergolong rendah, dimana masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah rata-rata, dari 115 siswa hanya 20 siswa yang memperoleh nilai diatas rata-rata sedangkan yang mendapat nilai dibawah rata-rata berjumlah 95 siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ALQURUN berbantuan sparkol videoscribe terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimental Design dengan metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalan sel tak sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dengan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran ALQURUN berbantuan sparkol videoscribe efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan terdapat interaksi antara model pembelajaran ALQURUN berbantuan sparkol videoscribe dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : Model pembelajaran ALQURUN, sparkol videoscribe, kemandirian belajar, kemampuan berpikir kreatif. ABSTRACT Students' incompleteness when studying mathematics shows that students' creative thinking skills are still low. Based on the results of the pre-research the creative thinking skills of MAN 2 Bandar Lampung students are still relatively low, where there are still many students who get scores below the average, out of 115 students only 20 students get scores above the average while those who get scores below the average totaling 95 students. Therefore researchers are interested in applying the learning model. The purpose of this study was to determine the effect of the Sparkol videoscribe assisted Al�Qurun learning model on creative thinking abilities in terms of student learning independence. This type of research is Quasy Experimental Design with quantitative methods. The data analysis technique uses the normality test with the Liliefors test and the homogeneity test with the Barlett test. Test the hypothesis using the ANOVA test of two ways the cells are not the same. The population in this study were all students of class X MAN 2 Bandar Lampung in the 2022/2023 academic year, the sampling technique used a class random technique with class X IPS 1 as the experimental class and class X IPS 2 as the control class. The results of the study can be concluded that the sparkol videoscribe assisted ALQURUN learning model is effective on students' creative thinking abilities, there is a difference in student learning independence on students' creative thinking abilities and there is interaction between the sparkol videoscribe assisted ALQURUN learning model and independent learning on students' creative thinking abilities. Keywords: ALQURUN learning model, sparkol videoscribe, learning independence, creative thinking ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:10
Last Modified: 04 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29274

Actions (login required)

View Item View Item