UPAYA PELAYANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PASCA PENDEMI COVID 19 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 KOTABUMI

ARIA, WIRADINATA (2023) UPAYA PELAYANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PASCA PENDEMI COVID 19 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 KOTABUMI. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Aria Wiradinata.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA PELAYANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PASCA PENDEMI COVID 19 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 KOTABUMI Pembelajaran online secara efektif untuk melaksanakan pembelajaran meskipun pendidik dan peserta didik berada di tempat yang berbeda Ini mampu menyelesaikan permasalahan keterlambatan peserta didik untuk memperoleh ilmu pengetahuan, Bimbingan dan Konseling adalah suatu proses bantuan yang diberikan kepada individu, maupun kelompok melalui berbagai macam layanan. Bimbingan dan Konseling juga merupakan salah satu komponen dari penididikan yang diberikan oleh pembimbing kepada individu yang memiliki masalah, agar memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahannya sendiri sehingga mencapai kebahagiaan hidupnya baik kebahagiaan dalam kehidupan individu ataupun sosialnya, maka peneliti ingin meniliti tentang Upaya Pelayanan Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PascaPendemi Covid 19 pada Peserta Didik kelas VIII SMP N 1 Kotabumi, dan Bagaimana Pelaksanaan Upaya Pelayanan Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pasca Pendemi Covid 19 pada Peserta Didik kelas VIII SMP N 1 Kotabumi. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dampak dari bimbingan dan konseling yang dilakukan secara online membuat beberapa siswa termotivasi kembali dalam mengikuti pembelajaran. Namun hasil tersebut tergantung pada kinerja guru BK. Namun hasil yang didapatkan pun juga kurang maksimal karena dilaksanakan secara online. Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan bahwa pembelajaran daring pasca wabah covid-19 menimbulkan problematika yang iii dialami oleh peserta didik, seperti menjadi tidak disiplin, malas mengerjakan tugas dengan berbagai alasan, dan bermain game online sampai larut malam, sehingga membuat prestasi akademik menurun. Kata kunci: Motivasi Belajar dan Covid 19 iv ABSTRACT DEEP COUNSELING TEACHER SERVICE EFFORTS INCREASING LEARNING MOTIVATION POST PENDEMI COVID 19 IN CLASS VIII STUDENTS SMP N 1 KOTABUMI Online learning is effective for carrying out learning even though educators and students are in different places. It is able to solve the problem of delays in students acquiring knowledge. Guidance and Counseling is a process of assistance provided to individuals and groups through various kinds of services. Guidance and Counseling is also a component of education provided by mentors to individuals who have problems, so that they have the ability to solve their own problems so as to achieve happiness in life, both happiness in individual and social life, so researchers want to examine the BK Teacher Service Efforts in Improving Post-Covid 19 Epidemic Learning Motivation in Class VIII Students of SMP N 1 Kotabumi, and How the Implementation of Counseling Teacher Service Efforts in Increasing Learning Motivation after the Covid 19 Pandemic in Class VIII Students of SMP N 1 Kotabumi. This type of research uses descriptive qualitative. With data collection methods using observation, interviews, and documentation Based on the research results, it is known that the impact of online guidance and counseling has made some students motivated to participate in learning again. However, these results depend on the performance of the counseling teacher. However, the results obtained were also less than optimal because it was carried out online. This is in accordance with what was explained that online learning after the Covid-19 outbreak caused problems experienced by students, such as being undisciplined, lazy to do assignments for various reasons, and playing online games until late at night, thus making academic achievement decrease. Keywords: Learning Motivation and Covid 19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:00
Last Modified: 10 Aug 2023 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29272

Actions (login required)

View Item View Item