PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTU LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Imam, Sulhani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTU LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of COVER BAB 1&5 + DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berbantu LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran treffinger berbantu LKPD berbasis etnomatematika pada kelas eksperimen I, dan pembelajaran ekspositori pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design dengan Posttest Design. Penelitian ini memeliki populasi sebanyak 101 peserta didik kelas IX. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen I kelas IX B sebagai kelas eksperimen II dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes (essay). Berdasarkan hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA menggunakan SPSS 25 didapat bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbantu LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbantu LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbantu LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran treffinger, LKPD, Etnomatematika, Berpikir kritis matematis, Berpikir kreatif. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of the ethnomathematics-based LKPD-assisted treffinger learning model on the mathematical critical thinking skills and creative thinking abilities of students who participated in the learning process using the ethnomathematics-based LKPD-assisted treffinger learning model in the experimental class I and expository learning in the control class. This research is a quasi-experimental design with a post�test design. This study has a population of 101 students in class IX. The samples used were 3 classes with the sampling technique using simple random sampling, namely class IX A as experimental class I, class IX B as experimental class II, and class IX C as a control class. The instrument used to collect data is a test (an essay). Based on the calculation results, after testing the hypothesis using the MANOVA test using SPSS 25, it was found that (1) there was an influence of the ethnomathematics�based treffinger learning model on students' mathematical critical thinking skills and creative thinking abilities; (2) there was an influence of the LKPD-assisted treffinger learning model ethnomathematics on students' mathematical critical thinking skills; and (3) there is an influence of the ethnomathematics�based treffinger learning model assisted by worksheets on students' creative thinking abilities. Keywords: treffinger learning model, LKPD, ethnomathematics, mathematical critical thinking, creative thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:57
Last Modified: 04 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29271

Actions (login required)

View Item View Item