PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALISME PESERTA DIDIK DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

WIDIARTI, Agus Sartono (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALISME PESERTA DIDIK DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WIDIARTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai seorang model Guru harus memiliki kompetensi yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian. Salah satu perkembangan yang dapat Guru amati dan dikembangkan yaitu Kecerdasan Naturalisme. Karena Kecerdasan Naturalisme ini merupakan kecerdasan yang mempunyai kemampuan untuk membuat peserta didik menjadi lebih peka terhadap sekitar. Selain itu, Guru harus memiliki kepribadian Profesional, yakni kemampuan yang berhubungan dengan penyelesaian tugas-tugas keguruan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peran Guru Akidah Ahklak dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalisme Peserta Didik di MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Tentang bagaimana seorang guru berperan sebagai Fasilitator, Model dan Teladan dan Motivator. Penelitian ini adalah Penelitian yang menggunakan Pendekatan Kualitatif, dalam hal ini dengan mengamati Peran Guru Akidah Akhlak di MA Al-Hikmah Bandar Lampung maksimal mengembangkan Kecerdasan Naturalisme pada Peserta Didiknya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancarra, dan Dokumentasi. Data Primer di peroleh langsung dari pendidik selaku responden, sedangkan data sekunder berupa teori-teori, jurnal, artikel, buku, dokumentasi dan berkas lain yang mendukung penelitian. Semua data-data tersebut merupakan bahan-bahan yang digunakana dalam mendeskripsikan Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalisme Peserta Didik di MA Al�Hikmah Bandar Lampung. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Guru Akidah Ahklak di MA A-Hikmah Bandar Lampung melakukan peran nya dalam meningkatkan Kecerdasan Naturalisme Peserta Didik secara maksimal. Guru sebagai fasilitator memberikan yang terbaik untuk peserta didik nya, mengajarkan banyak hal agar pemikiran peserta didik menjadi lebih luas. Guru juga sangat berperan penting sebagai model dan teladan karena seorang guru itu contoh bagi peserta didiknya. Dan guru juga berperan sebagai motivator karena seorang guru wajib membuka pemikiran peserta didik agar dapat menentukan jalan mana yang akan dia ambil untuk langkah selanjutnya. Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Kecerdasan Naturalisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:24
Last Modified: 03 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29268

Actions (login required)

View Item View Item