EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING TERHADAP PERCAYA DIRI KEAKTIFAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

CICIH, ASIYAH (2023) EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING TERHADAP PERCAYA DIRI KEAKTIFAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian berupa keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain dan dapat bertindak sesuai dengan kemauannya, bahagia, optimis dan bertanggung jawab. Keyakinan terhadap diri sendiri, baik perilaku, emosi, motivasi yang berasal dari dalam diri maupun hati nurani untuk dapat melakukan sesuatu dengan rasa percaya diri yang baik, seseorang yang dapat memahami dirinya dengan baik, dan seseorang yang dapat mengaktualisasikan potensi dirinya. Dengan percaya diri, seseorang mampu mengatasi tantangan baru, percaya diri dalam situasi sulit, dan mampu mengembangkan sikap positif tanpa khawatir dengan berbagai situasi dan kondisi. Setiap orang memiliki tingkat percaya diri yang berbeda-beda. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menganalisis rasa percaya diri terhadap keaktifan belajar pada peserta didik melalui konseling individu dengan teknik symbolic modeling di SMK Negeri 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan satu subjek penelitian, dengan desain A�B-A, dimana peneliti melakukan penelitian selama 12 kali pertemuan. Pada tahap pertama peneliti melakukan pertemuan Baseline (A1) sebanyak 3 kali, tahap kedua peneliti memberikan treatment pada fase Intervensi (B) sebanyak 6 kali pertemuan, dan tahap ketiga yaitu Baseline (A2) sebanyak 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perilaku percaya diri terhadap keaktifan belajar pada peserta didik berinisial AS. Pada fase Baseline (A1) mengalami penurunan, pada fase Intervensi (B) setelah diberikan treatment (perlakuan) dengan teknik symbolic modeling menunjukkan peningkatan perilaku percaya diri terhadap keaktifan belajar. Kemudian yang terakhir pada fase Baseline (A2) tanpa intervensi menunjukkan peningkatan atau perbaikan yang stabil. Dengan persentase overlape sebesar 0%, sesuai dengan kriteria overlape iv dimana semakin kecil hasil overlape maka semakin baik efek yang diberikan intervensi kepada peserta didik, dan dapat dikatakan bahwa konseling individu dengan teknik symbolic modeling dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri terhadap keaktifan belajar pada peserta didik di SMK Negeri 6 Bandar Lampung. Kata Kunci: Konseling Individu, Symbolic Modeling, Percaya Diri, Keaktifan Belajar v ABSTRACT Confidence is one aspect of personality in the form of belief in one’s own abilities so that they are not influenced by other people and can act according to their will, be happy, optimistic and responsible. Confidence in oneself, both behavior, emotions, motivation that comes from within and conscience to be able to do something with good self�confidence, someone who can understand himself well, and someone who can actualize his potential. With confidence, a person is able to overcome new challenges, is confident in difficult situations, and is able to develop a positive attitude without worrying about various situations and conditions. Everyone has a different level of confidence. The goal to be achieved from this research is to analyze the self-confidence of students’ active learning through individual counseling with symbolic modeling techniques at SMK Negeri 6 Bandar Lampung. This research is a Single Subject Research (SSR) study using one research subject, with an A-B-A design, where researchers conduct research for 12 meetings. In the first stage the researcher conducted Baseline (A1) meetings 3 times, the second stage the researchers provided treatment in the Intervention phase (B) 6 meetings, and the third stage, namely Baseline (A2) 3 meetings. Data collection methods used are observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study, it showed that there was an increase in self-confidence towards active learning in students with the initials AS. In the Baseline phase (A1) it decreased, in the Intervention phase (B) after being given treatment with symbolic modeling techniques it showed an increase in confident behavior towards active learning. Then the latter in the Baseline phase (A2) without intervention shows a steady increase or improvement. With an overlap percentage of 0%, according to the overlap criteria where the smaller the overlap result, the better the effect given by the intervention to students, and it can be said that individual counseling with symbolic modeling techniques can be declared effective in vi increasing self-confidence in active learning in students at SMK Negeri 6 Bandar Lampung. Keywords: Individual Counseling, Symbolic Modeling, Confidence, Learning Activeness

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:13
Last Modified: 03 Aug 2023 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item View Item