PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN CALISTUNG ANAK USIA 5-6 DI TK TUNAS MUDA WAY KANAN LAMPUNG

SELVIA, INDRIANI OCTAVIANA (2023) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN CALISTUNG ANAK USIA 5-6 DI TK TUNAS MUDA WAY KANAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAB 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Selvia Indriani Octaviana (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Calistung (membaca, menulis, dan berhitung) merupakan program pembelajaran yang saat ini sudah diberikan pada anak anak usia dini,tujuan pembelajaran calistung pada anak yaitu untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang sekolah berikutnya yakni sekolah dasar (SD). Padahal pada usia TK tersebut belum seharusnya anak mendapatkan pembelajaran calistung karena anak belum dapat dapat berfikir terstruktur. Fenomena yang terjadi saat ini orang tua dibuat khawatir akan adanya tes calistung sebagai syarat masuk SD dan menuntut anak setelah lulus dari TK dapat menguasai calistung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua terhadap pembelajaran calistung pada anak usia dini di TK Tunas Muda. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan pembelajaran calistung di TK dan bagaimana tanggapan atau persepsi orang tua murid terhadap pembelajaran calistung di TK Tunas Muda Way Kanan Lampung.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian mendapatkan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang ada dianalis secara interaktif (reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) lembaga sekolah TK Tunas Muda menerapkan pembelajaran calistung, faktor utama adanya penerapan pembelajaran calistung karena adanya tuntutan dari orang tua, pembelajaran calistung yang di ajarkan TK Tunas Muda sesuai dengan tahapan anak, menggunakan konsep benda. 2) persepsi orang tua terhadap pembelajaran calistung di TK Tunas Muda banyak yang menganggap pembelajaran calistung penting dan tepat diberikan kepada anak usia dini, karena pada masa anak usia dini lebih mudah menyerap segala sesuatu dengan pembelajaran calistung orang tua menganggap anak lebih cepat membaca, menulis dan berhitung untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang ke sekolah dasar (SD). Kata Kunci ; Calitung, Persepsi Orang Tua iii ABSTRACT Calistung (reading, writing, and arithmetic) is a learning program that is currently being given to early childhood, the purpose of learning calistung for children is to prepare children to enter the next level of school, namely elementary school (SD). Even though at the age of Kindergarten, children should not get calistung learning because children cannot think structured yet. The phenomenon that is happening now is that parents are worried about the calistung test as a condition for entering elementary school and demand that their children after graduating from kindergarten be able to master calistung. This study aims to find out how parents perceive learning calistung in early childhood at Tegal Mukti Tunas Muda Kindergarten. The questions to be answered from this research are : How is the application of calistung learning in kindergarten and what are the responses or perceptions of parents towards learning calistung in Tegal Mukti Tunas Muda Kindergarten. This research uses descriptive qualitative methods, research obtains data using interview, observation and documentation methods . Then the existing data is analyzed interactively (reduction, data presentation, drawing conclusions). The results showed that, 1) Tegal Mukti Tunas Muda Kindergarten school institutes apply calistung learning, the main factor is the application of calistung learning because of demands from parents, calistung learning taught by Tegal Mukti Tunas Muda Kindergarten is in accordance with the stages of the child, using the concept of objects. 2) many parents' perceptions of calistung learning at Tegal Mukti Tunas Muda Kindergarten think that calistung learning is important and appropriate for early childhood, because during early childhood it is easier to absorb everything with calistung learning parents think children read faster, writing and arithmetic to prepare children to enter elementary school (SD). Keywords ; Calitung, Perceptions of Parents

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:13
Last Modified: 03 Aug 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item