PENGHIMPUNAN DAN PENGELOLAAN DANA ZISWAF BERBASIS DIGITAL BANKING PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARῑ‘AH (Studi Pada PT. BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung)

NITA, YULIZA (2023) PENGHIMPUNAN DAN PENGELOLAAN DANA ZISWAF BERBASIS DIGITAL BANKING PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARῑ‘AH (Studi Pada PT. BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Halaman Depan, Bab 1, Bab 2 dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL TESIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan memiliki peran vital dalam pemulihan ekonomi nasional. Layanan digital banking pada perbankan syarῑ‘ah terus mengalami kemajuan dan peningkatan memudahkan nasabahnya untuk bertransaksi hanya dengan menggunakan handphone, bisa diakses dimana saja dan kapan saja dengan layanan 24 jam salah satunya transaksi penghimpunan dan pengelolaan ZISWAF. Dalam rangka meningkatkan potensi zakat di Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional resmi menunjuk Unit Pengelola Zakat (UPZ) Bank Syarῑ‘ah Indonesia dengan memanfaatkan digital banking. Berdasarkan latar belakang di atas permasalahan dalam tesis ini adalah pertama, bagaimana penghimpunan dan pengelolaan dana ZISWAF berbasis digital banking PT. BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung?. Kedua, Bagaimanakah Tinjauan Hukum Ekonomi Syarῑ‘ah tentang penghimpunan dan pengelolaan dana ZISWAF berbasis digital banking pada PT. BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penghimpunan dan pengelolaan dana ZISWAF berbasis digital banking PT. BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung serta untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syarῑ‘ah tentang penghimpunan dan pengelolaan dana ZISWAF berbasis digital banking pada PT. BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT. BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung dan bersifat deskriptif analisis. Untuk mendapatkan data yang valid digunakan metode data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Setelah data terkumpul maka dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode berpikir deduktif. Berdasarkan metode penelitian yang digunakan di atas, dapat disimpulkan bahwa penghimpunan dan pengelolaan dana ZISWAF berbasis digital banking dimana penghimpunan menggunakan flatform BSI Mobile, ATM BSI, dan platform Jadiberkah.id atau crowdfunding ZISWAF serta pengelolaan dana ZISWAF dikelola dengan membuat beberapa program yang terbagi atas program charity dan program sustainable. Jika dilihat dari perspektif hukum ekonomi syarῑ‘ah, penghimpunan dan pengelolaan dana ZISWAF berbasis digital banking sah karena termasuk dalam memberikan manfaat kemudahan, sebagaimana telah dijelaskan dalam surat Al-A̒lᾱ [87]: 8 ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT memberikan kemudahan untuk setiap umatnya agar mendapatkan jalan kemudahan (dalam segala urusan) serta memiliki nilai kemaṣlaḥatan dan mampu menjaga kepentingan atau tujuan hukum Islam yang mencakup 5 aspek pokok, bersipat maṣlaḥah al-ḥᾱjjiyah memudahkan nasabah BSI dalam pembayaran ZISWAF dan memberikan dampak meringankan dalam ibadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:39
Last Modified: 03 Aug 2023 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29261

Actions (login required)

View Item View Item