TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PENETAPAN HARGA DALAM JUAL BELI BUAH PALA BASAH DAN KERING (Studi di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran)

SITI, MAISAROH (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PENETAPAN HARGA DALAM JUAL BELI BUAH PALA BASAH DAN KERING (Studi di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan muamalah adalah kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam bertransaksi serta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satu kegiatan transaksi masyarakat dalam bermuamalah adalah kerjasama dalam hal jual beli. Di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran telah terjadi penetapan harga dalam jual beli buah pala basah dan kering. Dimana harga ditentukan oleh pengepul sendiri tanpa adanya patokan dari harga pasar. Pengepul menentukan harga sangat rendah sehingga membuat petani merasa dirugikan. Permasalahan yang menjadi kajian penelitian ini adalah bagaimana praktek penetapan harga dalam jual beli buah pala basah dan kering di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penetapan harga dalam jual beli buah pala basah dan kering di desa tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana praktek penetapan harga dalam jual beli buah pala basah dan kering di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penetapan harga dalam jual beli buah pala basah dan kering di desa tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Dengan sumber data primer yang langsung diperoleh dari pelaku jual beli buah pala basah dan kering di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Sedangkan data skunder diperoleh dari kitab�kitab fiqh muamalah dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu praktek penetapan harga dalam jual beli buah pala basah dan kering di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran yang dilakukan pengepul sangat rendah. Dimana buah pala kering mencapai harga Rp.70.000/kg sedangkan buah pala basah hanya Rp.20.000/kg. Jual beli ini pula merupakan bentuk penekanan bagi petani yang mempunyai hutang. dimana mereka yang berhutang diharuskan menjual hasil tani buah palanya kepada pengepul dengan harga yang lebih murah dibanding petani yang tidak mempunyai hutang. Hal ini membuat petani merasa dirugikan. Praktek yang dilakukan pengepul dalam jual beli buah pala basah dan kering belum sejalan dengan iv prinsip hukum ekonomi syariah yaitu maqashid al-syariah, yaitu merealisasikan kemaslahatan dan menghindari kerusakan diantara manusia. Agama Islam melarang setiap usaha yang mengarah kepada penumpukan kekayaan yang tidak layak dalam tangan segelintir orang. Kata Kunci: Buah Pala, Jual Beli, Penetapan Harga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:34
Last Modified: 02 Aug 2023 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29252

Actions (login required)

View Item View Item