PRAKTIK PENENTUAN HARGA SEWA-MENYEWA STAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Stan Jl. Pala Lampung Utara)

DIAH, PARAMITA (2023) PRAKTIK PENENTUAN HARGA SEWA-MENYEWA STAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Stan Jl. Pala Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAH PARAMITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa-menyewa atau ijarah adalah salah satu kerjasama dimana pihak yang satu mengikatkan untuk suatu manfaat berupa barang atau jasa kepada pihak lain dengan jangka waktu yang sudah disepakati. Dalam hal ini di Jl. Pala telah terjadi praktik sewa-menyewa stan jualan yang dimana dalam praktiknya di awal akad pemilik memberikan harga sewa sebesar Rp. 500.000,- perbulan tidak termasuk listrik dan air tetapi pada saat ditengah berjalannya masa sewa pemilik meminta tambahan harga sebesar Rp.100.000,- disetiap bulannya pada saat penambahan harga sewa ini pemilik tidak memberikan alasan yang jelas sehingga hal ini membuat para penyewa merasa keberatan dengan tambahan harga sewa stan jualan tersebut dan penyewa merasa dirugikan karena tidak sesuai dengan akad awal. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah pertama, Bagaimana praktik penentuan harga sewa-menyewa stan di Jl. Pala Lampung Utara? Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik penentuan harga sewa-menyewa stan jualan di Jl. Pala Lampung Utara?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik penentuan harga sewa-menyewa stan di Jl. Pala Lampung Utara, untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dalam praktik penentuan harga sewa-menyewa stan di Jl. Pala Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang di lakukan di Jl. Pala Lampung Utara dan melakukan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data melalui tahapan editing dan systematizing. Dalam menganalisis data digunakan metode kualitatif menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam praktik sewa-menyewa stan di Jl. Pala Lampung Utara ini tidak sesuai dalam hukum Islam karena adanya beberapa syarat yang tidak sesuai dengan akad awal, maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa praktik sewa menyewa ini bertentangan dengan hukum ekonomi syariah. Namun, dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap syarat dan metode penentuan harga tidak sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan, dimana terdapat ketidakjelasan (gharar) yang dikarenakan adanya tambahan biaya yang tidak sesuai dengan akad awal sehingga hal tersebut membuat salah satu pihak merasa terpaksa dan dirugikan. Kata Kunci: Harga, Sewa-Menyewa, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:41
Last Modified: 02 Aug 2023 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item