KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH SWASTA MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG

Pice, Karmila (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH SWASTA MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah adalah kemampuan seseorang dalam proses menggerakkan, mengarahkan, membimbing, membina, memberikan dorongan, memberi bantuan orang lain dalam hal pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan efektif. Kepemimpinan kepala madrasah juga merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong Madrasah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi, tujuan dan sasaran Madrasahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana. Kinerja Guru merupakan hasil kerja guru yang dapat dicapai oleh seorang guru di lembaga pendidikan atau madrasah dengan tugas serta tanggung jawabnya, dan kinerja guru juga merupakan faktor yang menentukan berkualitas tidaknya suatu madrasah. Adapun rumusan penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah kepemimpinan kepala Madrasah dalam membimbing guru di Madrasah Swasta Maba’ul Ulum Margoyoso Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. 2. Bagaimanakah kepemimpinan kepala Madrasah dalam mengarahkan guru di Madrasah Swasta Maba’ul Ulum Margoyoso Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan perwakilan guru di Madrasah Swasta Maba’ul Ulum Margoyoso Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawacara, obsevasi, dan dokumentasi. Fokus informasi pada penelitian ini berasal dari kepala madrasah, waka kurikulum dan guru(pendidik). Analisis data dilakukan dengan memberikan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Swasta Maba’ul Ulum Margoyoso Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Telah melaksanakan perannya dengan cukup baik hal ini dilihat dari beberapa indikator yang diambil oleh peneliti yaitu membimbing dan mengarahkan. Dengan demikian bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sangat berperan penting terhadap kualitas pembelajaran sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan dimana semua kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan terdapat pada kinerja tenaga pendidik. Kata kunci: Kepala Madrasah, Kinerja Guru iii ABSTRAK Madrasah leadership is a person's ability in the process of moving, directing, guiding, fostering, providing encouragement, providing assistance to others in terms of learning so that it can run effectively. The leadership of the madrasa head is also one of the factors that can encourage Madrasas to be able to realize the Vision, Mission, goals and objectives of their Madrasa through programs that are implemented in a planned manner. Teacher performance is the result of teacher work that can be achieved by a teacher in an educational institution or madrasa with their duties and responsibilities, and teacher performance is also a factor that determines the quality or not of a madrasa. The formulation of this research is 1. How is the leadership of the Madrasah head in guiding teachers at the Maba'ul Ulum Margoyoso Tanggamus Private Madrasah. 2. How is the leadership of the Madrasah head in directing teachers at the Maba'ul Ulum Margoyoso Tanggamus Private Madrasah. This research is a qualitative research. The subjects of this study were the head of the madrasa, deputy head of curriculum, and teacher representatives at the Maba'ul Ulum Margoyoso Tanggamus Private Madrasah. Data collection is done by using interviews, observation, and documentation. The focus of information in this study came from the head of the madrasah, deputy head of curriculum and teachers (educators). Data analysis was carried out by giving meaning to the data that was collected from that meaning, conclusions were drawn by explaining descriptively. The results of this research show that the leadership of the madrasa head in improving teacher performance in the Maba'ul Ulum Margoyoso Tanggamus Private Madrasah. Has carried out his role quite well, this can be seen from several indicators taken by researchers, namely guiding and directing. Thus, the leadership of the madrasa head in improving teacher performance plays an important role in the quality of learning so that it can improve the quality of education where all the keys to success in the world of education are found in the performance of teaching staff. Keywords: Head Of Madrasah, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:23
Last Modified: 02 Aug 2023 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29234

Actions (login required)

View Item View Item