DAMPAK STRICT PARENTS TERHADAP HUBUNGAN ANAK DENGAN ORANG TUA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung)

DEBBY, IVANA ARLINCYA (2023) DAMPAK STRICT PARENTS TERHADAP HUBUNGAN ANAK DENGAN ORANG TUA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DEBY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari fenomena “strict parents” yang sering dikaitkan dengan remaja. Sebuah ungkapan yang beredar di jejaring sosial dan menjadi kritikan terhadap anak tentang pola asuh yang diterapkan orang tua. Strict parents adalah orang tua yang menempatkan standar tinggi pada anak dan suka menuntut anak tetapi tidak responsif. Saat orang tua menempatkan standar tinggi pada anak sambil memberikan dukungan dan juga dengan kasih sayang, itu tandanya mereka bersifat otoritatif. Pola pengasuhan seperti ini sering kali membuat anak menjadi lebih baik. Sayangnya, sebagian besar strict parents tidak bersifat otoritatif, melainkan otoriter. Seperti yang terjadi pada beberapa mahasiswa Fakultas Syari’ah di UIN Raden Intan Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak strict parents terhadap hubungan anak dengan orang tua dan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap hubungan anak dengan orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dampak strict parents terhadap hubungan anak dengan orang tua dan mengetahui perspektif hukum Islam terhadap hubungan anak dengan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa fakultas syari’ah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2019 yang berjumlah 1.138 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 20 orang dari 3 (tiga) program studi. Hasil penelitian ini adalah dampak strict parents mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah anak�anak yang tumbuh dengan orang tua yang strict sering kali berperilaku baik, mereka mengerti jika mereka tidak memenuhi harapan orang tua maka akan ada konsekuensinya. Dampak negatif dari anak-anak strict parents biasanya tidak didorong untuk berperilaku mandiri, merasa takut dan malu, kesulitan dalam bersosialisasi, sering memendam perasaan, takut dalam bertindak, bahkan memberontak untuk mendapatkan kebebasan. Perspektif hukum Islam terhadap hubungan anak dengan orang tua, birr al-walidain (berbuat baik dan berlapang dalam kebaikan kepada orang tua), perintah berbuat kebaikan kepada orang tua (birr al-walidain) ditegaskan dalam QS. Luqman: 14, dengan demikian hubungan antara orang tua dan anak diharapkan iii terjalin suatu hubungan yang baik antar keduanya. Kedekatan anak dengan orang tua dibutuhkan demi menciptakan suatu hubungan keduanya yang saling terbuka. Kata Kunci: Dampak, Strict Parents, Pola Asuh, Hadhanah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:01
Last Modified: 02 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29228

Actions (login required)

View Item View Item