NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NASH'IH AL- KARYA IMAM NAWAWI AL-BANTANI (1230 - 1314 H) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Yuni, Aqidah (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NASH'IH AL- KARYA IMAM NAWAWI AL-BANTANI (1230 - 1314 H) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NASH AL- KARYA IMAM NAWAWI AL-BANTANI (1230 - 1314 H) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM Yuni Aqidah NPM. 1911010234 Merosotnya pendidikan akhlak pada remaja atau peserta didik di lingkungan pendidikan dan masyarakat menjadi latar belakang munculnya berbagai permasalaha sehingga menyebabkan dekadensi moral. Oleh karena itu, sangat diperlukan kajian mengenai pendidikan akhlak yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia. Selain itu, dalam penelitian ini juga penulis akan mengkaji relevansi dari nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat didalam kitab sh ih l- dengan pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustaan (library research). Sumber data primer dari penelitian ini adalah Syarah kitab sh ih l- dan Terjemah syarah kitab sh ih l- , sedangkan sumber sekundernya diambil dari beberapa buku (terlampir pada tabel bab I bagian data sekunder), jurnal, tesis, artikel, dan lain sebagainya yang berkaitan dan relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode studi pustaka dan teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analisys). Temuan peneliti menunjukkan bahwa kitab sh ih l- karya Imam Nawawi Al�Bantani sampai saat ini masih sangat relevan dengan pendidikan Islam. Relavansi tersebut dapat dilihat dari sisi tujuan, dimana keduanya sama-sama memiliki tujuan utama yakni membentuk manusia (peserta didik) yang berbudi pekerti luhur, bertanggungjawab dan mencetak generasi manusia yang mempunyai kesempurnaan (insan kamil) dalam kepribadiannya. Adapun nilai-nilai pendidikan dalam kitab sh ih l- tersebut meliputi iman kepada Allah SWT, taat kepada Allah SWT, taqwa, zikrullah, sabar, tawadhu, zuhud, menjaga lisan, menuntut ilmu, bersikao lemah lembut kepada oranglin dan tidak merendahkan oranglain. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi terobosan ilmiah yang konstruktif bagi segenap praktisi pendidikan dalam rangka menciptakan salah satu polah pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak guna menjawab tantangan dan perkembangan zaman serta menjadi solusi bagi lembaga pendidikan yang mengalami kemerosotan dalam bidang akhlak. Kata kunci: sh ih l- , Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam iv ABSTRACT NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NASH AL- KARYA IMAM NAWAWI AL-BANTANI (1230 - 1314 H) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM Yuni Aqidah NPM. 1911010234 The decline of moral education in adolescents or students in the educational environment and society is the background for the emergence of various problems that cause moral decadence. Therefore, it is very necessary to study moral education which is expected to have a positive impact on education in Indonesia. Apart from that, in this study the writer will also examine the relevance of the values of moral education contained in the sh ih l- book with Islamic education. The research method used in this research is library research. The primary data source for this study is the sh ih l- Book (Arabic and its translation), while the secondary sources are taken from several books (attached to the table chapter I section of secondary data), journals, theses, articles, and so on that are related and relevant to the research topic. . The data collection technique using literature study methods and the data analysis technique uses the content analysis method. The findings of the researchers show that the book sh ih l- by Imam Nawawi Al-Bantani is still very relevant to Islamic education. This relevance can be seen from the side of the goal, where both of them have the main goal of forming human beings (students) who are virtuous, responsible and produce generations of human beings who have perfection (human beings) in their personalities. The educational values in the sh ih l- book include faith in Allah SWT, obedience to Allah SWT, piety, zikrullah, patience, tawadhu, asceticism, guarding the tongue, studying knowledge, being gentle with others and not demeaning others. Thus, it is hoped that the results of research conducted by researchers can enrich scientific treasures and become constructive scientific breakthroughs for all educational practitioners in order to create an educational pattern that contains moral education values to answer the challenges and developments of the times and become a solution for educational institutions who experience a decline in morals. Keywords: Nash ih l- , Moral Education, Islamic Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:04
Last Modified: 02 Aug 2023 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29227

Actions (login required)

View Item View Item