PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MIS DARUL HUDA CAMPANG JAYA KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Renita, Lestari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MIS DARUL HUDA CAMPANG JAYA KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENITA LESTARI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik yang masih rendah. peserta didik kurang aktif, kreatif dan pasif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak terhadap hasil belajar pada aspek kognitif pelajaran IPA masih rendah pada peserta didik kelas IV di MiS Darul Huda Campang Jaya Sukabumi Bandar Lampung. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran Project Based Learning PjBL Berbasis STEM terhadap hasil belajar peserta didik. Rumusan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning PjBL Berbasis STEM terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di MIS Darul Huda Campang Jaya Sukabumi Bandar Lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui seberapa signifikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajara IPA kelas IV di MIS Darul Huda Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design, Dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desaign. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 26 September – 24 Oktober 2022 di MIS Darul Huda Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Populasi seluruh peserta didik kelas IV. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini kelas IV A. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM (X) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA (Y). Uji Normalitas yang digunakan adalah uji Kalmogorov-Smirnov pada taraf signifikan 0,05, untuk uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic pada taraf signifikan 0,05, sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample t-test. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan di peroleh hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil uji-t menyatakan bahawa H1 diterima yaitu ada (terdapat) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning PjBL Berbasis STEM, Hasil Belajar iii ABSTRACT Based on the pre-research activities that have been carried out, the problem underlying this research is that the learning outcomes of students are still low. students are less active, creative and passive in the learning process so that the impact on learning outcomes in the cognitive aspects of science lessons is still low in class IV students at MiS Darul Huda Campang Jaya Sukabumi Bandar Lampung. Therefore it is necessary to apply the STEM-based Project Based Learning PjBL learning model to student learning outcomes. The formulation in this study is whether there is an influence of the STEM-based PjBL Project Based Learning learning model on the learning outcomes of class IV students at MIS Darul Huda Campang Jaya Sukabumi Bandar Lampung. The goal to be achieved in this study is to find out how significant the influence of the STEM�based Project Based Learning (PjBL) learning model is on student learning outcomes in class IV science learning at MIS Darul Huda Campang Jaya, Sukabumi District, Bandar Lampung. This research is a type of quasy experimental design, with a pretest-posttest control group design. The research was conducted on September 26 – October 24 2022 at MIS Darul Huda Campang Jaya, Sukabumi District, Bandar Lampung. The population of all class IV students. The sampling technique in this study was class IV A. The instrument for collecting data used multiple choice test questions to determine student learning outcomes. The independent variable in this study is the STEM�based Project Based Learning (PjBL) (X) while the dependent variable is the learning outcomes of students in science learning (Y). The normality test used is the Kalmogorov-Smirnov test at a significant level of 0.05, for the homogeneity test using the Levene Statistical test at a significant level of 0.05, while testing the hypothesis using the Independent Sample t-test. Based on the data analysis and hypothesis testing that has been done, the sig. (2-tailed) 0.000 <0.05 means that there are differences in the posttest scores of the experimental class and the control class with the conclusion that H0 is rejected and H1 is accepted. Thus the results of the t-test state that H1 is accepted, namely there is (there is) the influence of the STEM-based Project Based Learning (PjBL) learning model on student learning outcomes in science learning. Keywords: STEM-Based PjBL Project Based Learning Learning Model, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:55
Last Modified: 02 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29225

Actions (login required)

View Item View Item