PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HOTS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG

TRI, PADZILA ULYA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HOTS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi TRI PADZILA ULYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran SETS Terhadap HOTS Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Di SMA Perintis 1 Bandar Lampung Oleh Tri Padzila Ulya Proses pembelajaran sangat mempengaruhi kualitas pserta didik dalam dunia pendidikannya dimana setiap model pembelajaran harus sesuai dengan prosses pembelajaran yang akan berlangsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis metode penelitian kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Melalui model pembelajaran SETS ini diharapkan peserta didik mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), karena kemampuan berpikir itngkat tinggi merupakan salah satu kemampuan yang sangat diperlukan, sehingga kemampuan tersebut perlu di latih dan ditingkatkan bagi peserta didik. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Pada kelas control berjumlah 17 peserta didik dan pada kelas eksperimen berjumlah 23 peserta didik. Pengumpulan data ini menggunakan tes independent sample t Test, pada uji t test (independent sample t test) dengan nilai signifikansi sig.(2-tailed) menunjukan angka 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0,005) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SETS memiliki pengaruh terhadap HOTS dan Motivasi belajar peserta didik mata pelajaran biologi di SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran SETS, Quasi Experiment, Motivasi Belajar iii ABSTRACT The Influence Of The SETS Learning model on HOTS and Student Learning Motivation in Biology Class XI in High School 1 Perintis Bandar Lampung By Tri Padzila Ulya The learning process greatly affects the quality of students in the world of education where each learning model must be in accordance with the learning process that will take place. The research method used in this study is a type of quantitative research method with experimental research. Through the SETS learning model, it is hoped that students will be able to improve higher-order thinking skills (HOTS), because higher-level thinking skills are one of the skills that are very much needed, so these abilities need to be trained and improved for students. The subjects of this study consisted of two groups, namely the experimental class and the control class. In the control class there were 17 students and in the experimental class there were 23 students. This data collection uses the independent sample t test, the t test (independent sample t test) with a significance value of sig. (2-tailed) shows the number 0.000 which is less than 0.005 (0.000 <0.005) thus H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that the use of the SETS learning model has an influence on HOTS and the learning motivation of students in biology subjects at SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Keywords: SETS Learning Model, Quasi Experiment, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:55
Last Modified: 02 Aug 2023 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29224

Actions (login required)

View Item View Item