ANALISIS MANAJEMEN LABORATORIUM BIOLOGI SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

SITI, NURJANAH (2023) ANALISIS MANAJEMEN LABORATORIUM BIOLOGI SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI NURJANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berbagai upaya dilakukan oleh guru untuk lebih meningkatkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Laboratorium merupakan salah satu elemen kunci yang menunjang KBM di sekolah. Hal ini sangat penting dalam bidang yang membutuhkan bukti antara teori turunan dan realitas aktual. Namun, beberapa peralatan laboratorium canggih oleh para profesional berpengalaman tidak dapat berfungsi baik kecuali didukung oleh manajemen laboratorium yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen laboratorium biologi serta faktor yang mendukung dan menghambat manajemen laboratorium biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, angket, dan observasi. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah manajemen laboratorium (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan) yang telah ditetapkan. SMA A, SMA B, dan SMA D memenuhi kriteria baik dengan jawaban >0,75, sedangkan SMA C belum memenuhi semua indikator dan termasuk dalam kategori tidak baik <0,75. Sedangkan faktor pendukung yang ditemukan adanya fasilitas memadai, dukungan keuangan dari sekolah, dan tenaga kerja profesional. Namun, ada beberapa penghambat utama, seperti kekurangan teknisi khusus untuk merawat peralatan laboratorium, penggabungan ruang laboratorium, serta keterbatasan area pembuangan limbah. Kata Kunci: Faktor Pendukung dan Penghambat, Laboratorium Biologi, Manajeman. iii ABSTRACT Various efforts were made by the teacher to further enhance learning to be more effective and efficient. The laboratory is one of the key elements that support teaching and learning activities in schools. This is especially important in fields that require proof between derived theory and actual reality. However, some sophisticated laboratory equipment by experienced professionals cannot function properly unless supported by good laboratory management. This study aims to determine the management of biological laboratories and the factors that support and hinder management of biology laboratories. This study uses a qualitative descriptive approach and data collection techniques by conducting interviews, questionnaires, and observation. The sample used a purposive sampling technique. The result of this research is laboratory management (planning, organizing, implementing, and supervising) that has been determined. SMA A, SMA B, and SMA D meet the good criteria with answers >0.75, while SMA C does not fulfill all indicators and is included in the bad category <0.75. While the supporting factors found adequate facilities, financial support from schools, and professional workforce. However, there are several main obstacles, such as the shortage of specialized technicians to maintain laboratory equipment, the combination of laboratory rooms, and the limited area for waste disposal. Keywords: Supporting and Inhibiting Factors, Biology Laboratory, Management.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:47
Last Modified: 02 Aug 2023 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29221

Actions (login required)

View Item View Item