TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTEK JUAL BELI LEWAT FITUR GRABKIOS DENGAN SISTEM TUNAI DAN NON TUNAI (Studi Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 Jl Sultan Agung Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung)

MUHAMMAD, BAGUS GUNAWAN (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTEK JUAL BELI LEWAT FITUR GRABKIOS DENGAN SISTEM TUNAI DAN NON TUNAI (Studi Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 Jl Sultan Agung Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK BAGUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan bentuk dari muamalah yang sangat berkembang di masyarakat. Praktik Jual Beli Pada Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 yang bermitra dengan perusahaan PT Grab Teknologi Indonesia. Dengan membuat kontrak elektonik yang berbentuk ketentuan layanan GrabKios. Praktik jual beli lewat fitur grabkios pada Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 yaitu dengan cara pertama bagi pemitra dikhususkan untuk mendownload aplikasi grabkios, kemudian masukkan nomor Hp atau email lalu klik mulai berjualan, masukan kode OTP lalu tekan verifikasi, Isi data diri, Buat pasword akun dan akun mitra grabkios kamu berhasil dibuat. GrabKios menyediakan platform bagi para pihak atau mitra untuk mendapatkan pelayanan yang diberikan penjual atau pihak Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 dengan pihak-pihak yang bekerjasama dengan perushaan GrabKios. Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktek jual beli makanan dan minuman dengan sistem pembayaran tunai dan non tunai melalui aplikasi GrabKios di Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 dan Bagaimana pandangan hukum Islam tentang praktek jual beli makanan dan minuman dengan sistem pembayaran tunai dan non tunai melalui aplikasi GrabKios di rumah makan pecel lele Mba Mar1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek jual beli makanan dan minuman dengan sistem pembayaran tunai dan non tunai melalui aplikasi GrabKios di rumah makan pecel lele Mba Mar 1 dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang praktek jual beli makanan dan minuman dengan sistem pembayaran tunai dan non tunai melalui aplikasi GrabKios di rumah makan pecel lele Mba Mar 1. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif ialah penelitian ini bersifat deskriptif pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa praktik Jual Beli Pada Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 dalam pembagian hasil tidak seperti praktik yang terjadi di awal, sebab pelaksanaan yang dilakukan adalah pihak pertama sebagai pihak layanan GrabKios menyalahi perjanjian di awal. 5 tahun bekerjasama dengan layanan GrabKios terjadi ketidaksesuaian, karena dalam perjanjian pembagian hasil pihak pertama sebagai layanan fitur GrabKios akan memberikan hasil atau keuntungan kepada pihak pemitra atau Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 dalam waktu 1 x 24 jam, tetapi pembagian hasil yang diberikan iii oleh pihak GrabKios melebihi waktu yang telah disepakati dalam perjanjian di awal. Dikarenakan pihak GrabKios mendapatkan hasil dalam sistem pembayaran pada aplikasi OVO tidak tepat waktu. Tinjauan hukum Islam terhadap praktik kerja sama antara pihak pertama sebagai pihak layanan GrabKios dengan pihak kedua sebagai pihak Rumah Makan Pecel Lele Mba Mar 1 belum sesuai syarat dan rukun jual beli atau tidak sesuai menurut syara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:30
Last Modified: 02 Aug 2023 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item View Item