PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MARGA KAYA LAMPUNG SELATAN

Nabela, Julita Safera (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MARGA KAYA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of NABELA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe pair check untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas V di SD Negeri Marga Kaya Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen desaign. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Purposive dari populasi seluruh kelas V di SD Negeri Marga Kaya Lampung Selatan, didapatkan sampel yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent control group sehingga data yang dikumpulkan dua kali di awal (prestes)dan di akhir (post test). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket berjumlah pernyataan yang telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, sehingga layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan program spss statistics . Dan menggunakan Uji-t independen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe pair check dalam perhitungan Uji-t independen di dapatkan nilai sig maka jika nilai sig ≤ pada sig ( -tailed) maka H ditolak dan H diterima. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe pair check berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas V di SD Negri Marga Kaya Lampung Selatan. Pengaruh yang signifikan terlihat dari peningkatan lebih besar pada indikator empati pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe pair check. Kata Kunci: Model Pembelajaran Pair Check, Kemampuan Komunikasi Interpersonal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:30
Last Modified: 02 Aug 2023 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item