PERANAN LEMBAGA ADVOKASI ANAK (LAdA) DAMAR LAMPUNG TERHADAP PENCEGAHAN EKSPLOITASI ANAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERDA NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK PERSPEKTIF SIYASAHTANFIDZIYAH

NOVI, DIANSYAH (2023) PERANAN LEMBAGA ADVOKASI ANAK (LAdA) DAMAR LAMPUNG TERHADAP PENCEGAHAN EKSPLOITASI ANAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERDA NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK PERSPEKTIF SIYASAHTANFIDZIYAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVI DIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kota Bandar Lampung yang merupakan Ibu Kota Provinsi Lampung banyak sekali menghadapi persoalan pelik terhadap Eksploitasi anak, hal tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah khususnya yaitu Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung belum mampu mengatasi permasalahan anak, sehingga masih marak terjadi kasus anak yang menjadi korban eksploitasi secara ekonomi atau seksual yang menyebabkan hak-hak anak tidak dapat terpenuhi. Rumusan masalah peranan Lembaga Advokasi Anak (LAdA) DAMAR Lampung dalam pencegahan eksploitasi anak di Kota Bandar Lampung berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2016? peranan yang dilakukan oleh LAdA DAMAR Lampung dalam upaya pencegahan eksploitasi anak berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2016 tersebut mencerminkan prinsip-prinsip siyasah tanfidziyah? penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis data secara analisis kualitatif dengan cara berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAdA Damar Lampung memiliki peran yang signifikan dalam pencegahan eksploitasi anak di Kota Bandar Lampung. LAdA Damar Lampung menjalankan tugas sebagai pelaksana kebijakan perlindungan anak yang ditetapkan oleh Perda Nomor 2 Tahun 2016. Peran mereka mencakup advokasi hukum, pemberdayaan anak, pemantauan dan pelaporan, serta pendidikan dan kampanye Namun hal tersebut ternyata masih belum terlaksana dengan baik karena pada umumnya LAdA Damar Lampung lebih memfokuskan kepada eksploitasi seksual anak dan penyelesaiannya. Dalam perspektif siyasah tanfidziyah, LAdA Damar Lampung telah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik sebagai lembaga advokasi yang berfokus pada perlindungan anak. Kata kunci : LAdA, Eksploitasi Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:25
Last Modified: 02 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29216

Actions (login required)

View Item View Item