PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS SOFTWARE ANIMIZ PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII

HANIE, ERMANIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS SOFTWARE ANIMIZ PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of DRAF skripsi Hanie Ermania 1911050084.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai inovasi media pembelajaran animasi berbasis software animiz pada materi pola bilangan kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi dan ahli materi, analisis respon peserta didik, dan uji effect size. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini adalah kelas VIII C SMPN 2 Menggala. Hasil uji kelayakan dari validator materi yaitu 3,83 dengan kriteria valid dan memperoleh skor 3,34 oleh ahli media dengan kriteria valid. Uji kemenarikan mendapat skor 3,49 pada uji skala kecil dengan kriteria “sangat menarik” dan mendapat skor 3,45 pada uji skala besar dengan kriteria “sangat menarik”. Penilaian uji keefektivitasan mendapatkan skor uji effect size sebesar 0,73 dengan kategori sedang efektif untuk digunakan saat pembelajaran. Sehingga media pembelajaran animasi berbasis software animiz pada materi pola bilangan ini layak, menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Animasi, Software Animiz, Pola Bilangan iv ABSTRACT This development research was carried out as an innovation in animation learning media based on animation software on class VIII number pattern material. The type of research used is development research using the ADDIE model. The data analysis technique used is the validation analysis of material experts and material experts, analysis of student responses, and effect size tests. The test subjects for this development research were class VIII C of SMPN 2 Menggala. The result of the feasibility test of the validator material is 3.83 with valid criteria and a score of 3.34 by media experts with valid criteria. The attractiveness test got a score of 3.49 on a small-scale test with the criteria of "very interesting" and a score of 3.45 on a large�scale test with the criteria of "very interesting". The effectiveness test assessment obtained an effect value of a test score of 0.73 in the moderate effective category for use during learning. So that animation learning media based on animation software on number pattern material is feasible, interesting and effective for use in learning. Keywords: Animation Learning Media, Animiz Software, Number Patterns

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:10
Last Modified: 02 Aug 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item