PENERAPAN PERMAINAN KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SURYA BAKTI BRABASAN KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN MESUJI

SYIFA, AFIFAH ISMI (2023) PENERAPAN PERMAINAN KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SURYA BAKTI BRABASAN KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SIFA MASIH BAB 1 KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan masih terdapat beberapa anak yang perkembangan bahasanya belum berkembang dan perlu ditingkatkan dalam hal yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada anak, masih kurang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru berkomunikasi dengan lisan maupun tulisan, kemampuan awal permulaan penting distimulasikan kepada anak sejak usia dini. Untuk menyikapi permasalahan tersebut maka digunakuan media permainan kartu huruf. Membaca permulaan adalah suatu kesatuan kegiatan terpadu mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf-huruf dari kata�kata, dalam membaca permulaan, anak di kenalkan dengan bentuk huruf abjad dari A sampai dengan Z huruf-huruf tersebut perlu dihapalkan dan dilafalkan sesuai dengan bunyinya. Permainan kartu huruf merupakan pembelajaran yang menggunakkan kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Melalui permainan kartu huruf, anak-anak distimulasi untuk belajar secara aktif dalam mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf di Tk Surya Bakti Mesuji Tanjung Raya Brabasan, Mesuji Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melibatkan 1 orang guru di kelas B, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran di Tk Surya Bakti Mesuji Tanjung Raya Brabasan Mesuji dalam hal bagaimana penggunaan media kartu huruf dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan terdapat perencanaan pembelajaran diantaranya merumuskan tujuan khusus, memillih pengalaman belajar, menentukan kegiatan belajar mengajar, menentukan siapa-siapa saja yang terlibat dalam proses pembelajaran, memeilih alat dan bahan. Kegiatan pengembangan kemampuan membaca melalui permainan kartu huruf yang diberikan oleh guru berjalan sesuai dengan harapan dan tingkatan pencapaian perkembangan membaca anak sudah mulai berjalan lancar dan cukup baik. Adapun evaluasi pembelajaran yang dilakukan adalah menyusun rencana evaluasi hasil belajar, menghimpun data, melakukan iii verifikasi data, mengolah dan menganlisis data, memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan, tindak lanjut hasil evaluasi. Guru juga diharapkan selalu memberikan motivasi kepada peserta didik agar selalu semangat belajar, dan juga dituntut untuk lebih kreativ dan inovativ dalam memberikan pembelajaran membaca. Kata Kunci: Membaca Pemulaan, Anak Usia Dini, Permainan Kartu Huruf iv ABSTRACT This research is motivated by the problem that there are still a number of children whose language development has not yet developed and needs to be improved in terms of being able to answer questions given by the teacher to children, still unable to answer questions given by the teacher, communicating orally and in writing, the ability to start It is important to stimulate children from an early age. To address these problems, the media card game letters are used. Beginning reading is an integrated unit of activity which includes several activities such as recognizing letters from words, in beginning reading, children are introduced to the shapes of the letters of the alphabet from A to Z. These letters need to be memorized and pronounced according to their sound. Letter card games are learning that use letter cards to improve children's ability to recognize letters. Through letter card games, children are stimulated to actively learn to recognize letters in a fun way. The purpose of this study was to find out how the teacher's efforts in developing early reading skills through letter card games at Tk Surya Bakti Mesuji Tanjung Raya Brabasan. This research is a qualitative research involving 1 teacher in class B, data was collected through observation, interviews, and documentation study. The results of the study show that in the learning process at Tk Surya Bakti Mesuji Tanjung Raya Brabasan Mesuji in terms of how to use letter cards in developing initial reading skills there are lesson plans including formulating specific goals, choosing learning experiences, determining teaching and learning activities, determining who is those involved in the learning process, selecting tools and materials. The activity of developing reading skills through a letter card game given by the teacher is running according to expectations and the level of achievement of children's reading development has started to run smoothly and quite well. The learning evaluation that is carried out is preparing a plan for evaluating learning outcomes, v collecting data, verifying data, processing and analyzing data, providing interpretation and drawing conclusions, following up on the results of the evaluation. Teachers are also expected to always provide motivation to students so that they are always enthusiastic about learning, and are also required to be more creative and innovative in teaching reading. Keywords: Beginning Reading, Early Childhood, Letter Card Game

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:44
Last Modified: 01 Aug 2023 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29202

Actions (login required)

View Item View Item