PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI LAYANAN INFORMASI UNTUK MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

ADELLA, SISILIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI LAYANAN INFORMASI UNTUK MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADELLA SISILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi yang semakin berkembang khususnya di dunia pendidikan membawa dampak dari berbagai aspek, salah satunya aspek perilaku siswa. Penyimpangan perilaku menjadi salah satu aspek dari dampak kemajuan zaman. Perilaku bullying merupakan salah satu contoh dari perbuatan menyimpang dan membahayakan. Saat ini bullying sendiri telah terbagi menjadi dua kategori yaitu bullying tradisional dan cyberbullying. Cyberbullying didefinisikan sebagai bentuk perilaku kejam kepada orang lain dengan cara mengirimkan atau mengunggah materi atau informasi berbahaya dan terlibat dalam bentuk agresi sosial lainnya melalui internet ataupun teknologi digital lainnya. Oleh karena itu melalui pemanfaatan teknologi guru bimbingan dan konseling harus mengambil peran penting dalam menyampaikan pengetahuan. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana pengembangan media, bagaimana kelayakan dan bagaimana respon guru bimbingan dan konseling, serta peserta didik terhadap media aplikasi berbasis android tentang perilaku cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media, menghasilkan kelayakan pengembangan dan menguraikan respon guru bimbingan dan konseling serta peserta didik terhadap media aplikasi android tentang perilaku cyberbullying. Metode yang digunakan ialah menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) yang mengacu model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan kemudian disederhanakan menjadi tujuh tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan desain, pengembangan desain, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba terbatas, uji coba produk secara luas, dan revisi hasil uji coba secara luas. Produk media aplikasi berbasis android ini mencakup materi tentang perilaku cyberbullying yang dimuat dalam bentuk media aplikasi, yang dimanfaatkan untuk memberikan layanan informasi kepada peserta didik. Uji kelayakan media aplikasi berbasis android menggunakan angket validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, serta angket respon guru bimbingan dan konseling serta peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu 10 peserta didik pada uji coba skala terbatas dan 30 peserta didik pada uji coba skala luas. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif yang memaparkan hasil pengembangan produk media aplikasi berbasis android. iii Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media aplikasi berbasis android sebagai layanan informasi untuk mencegah perilaku cyberbullying dari segi materi sudah urut, jelas dan lengkap. Dari segi bahasa media aplikasi berbasis android tentang perilaku cyberbullying menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas dan mudah dipahami. Selanjutnya dari segi desain keseluruhan tampilan dan warna sudah menarik. Persentase ahli materi sebesar 91%, ahli bahasa 90% dan ahli media 87% sehingga media aplikasi berbasis android memiliki kategori sangat layak. Sementara hasil angket respon guru bimbingan dan konseling sebesar 92% dan peserta didik 83%. Respon guru bimbingan dan konseling terhadap media aplikasi berbasis android diperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat menarik. Selanjutnya respon peserta didik berdasarkan uji coba skala terbatas dengan 10 peserta didik sebesar 82% dengan kriteria Sangat Menarik, selanjutnya untuk uji coba secara luas yang dilakukan dengan 30 peserta didik sebesar 83% dengan kriteria Sangat Menarik. Dengan demikian media aplikasi berbasis android layak digunakan dan disebar luaskan. Kata Kunci: Cyberbullying, Media Aplikasi Berbasis Android, Layanan Informasi, Peserta Didik iv ABSTRACT Technology that is increasingly developing, especially in the world of education, has an impact on various aspects, one of which is student behavior. Deviant behavior is one aspect of the impact of time. Bullying behavior is an example of a deviant and harmful act. Currently, bullying itself has been divided into two categories: traditional bullying and cyberbullying. Cyberbullying is defined as a form of cruel behavior towards others by sending or uploading harmful material or information and engaging in other forms of social aggression via the internet or other digital technologies. Therefore, through the use of technology, guidance and counseling teachers must play an important role in imparting knowledge. The formulation of the problem in this study is how to develop media, how to determine feasibility, and how to respond to guidance and counseling from teachers and students about android-based media applications about cyberbullying behavior. This study aims to determine media development, generate development feasibility, and describe the responses of guidance and counseling teachers and students to Android application media regarding cyberbullying behavior. The method used is Research and Development (R & D), which refers to the Borg and Gall development model, which consists of ten stages that are then simplified into seven stages: preliminary study, design planning, design development, limited trials, and revision of trial results. limited product trials, extensive product trials, and extensive revision of trial results. This Android-based application media product includes material about cyberbullying behavior that is contained in the form of application media and is used to provide information services to students. The feasibility test of android-based application media uses a validation questionnaire for material experts, linguists, and media experts, as well as a response questionnaire for guidance and counseling teachers and students. The sample for this research is 10 students in the limited-scale trial and 30 students in the large-scale trial. The data analysis technique uses a descriptive technique that describes the results of the development of Android�based application media products. The results of this study indicate that the development of Android-based application media as an information service to prevent cyberbullying behavior is in order, clear, and complete. In terms of language, the Android-based application media regarding v cyberbullying behavior uses language that is simple, clear, and easy to understand. Furthermore, in terms of design, the overall appearance and color are attractive. The percentage of material experts is 91%, linguists are 90%, and media experts are 87%, so the Android-based application media has a very decent category. While the results of the guidance and counseling teacher response questionnaire were 92% and the students 83%, The response of the guidance and counseling teacher to the Android-based application media obtained a percentage of 92% with very interesting criteria. Furthermore, the response of students based on a limited-scale trial with 10 students was 82% with Very Interesting criteria, and for an extensive trial conducted with 30 students, it was 83% with Very Interesting criteria. Thus, the Android�based application media is feasible to use and disseminate. Keywords: Cyberbullying, Android-Based Application Media, Information Services, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:36
Last Modified: 01 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29201

Actions (login required)

View Item View Item