IMPLEMENTASI QANA’AH DALAM MENANAMKAN RASA SYUKUR PADA ORANGTUA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PKK PROVINSI LAMPUNG

NUR, Fadilah (2023) IMPLEMENTASI QANA’AH DALAM MENANAMKAN RASA SYUKUR PADA ORANGTUA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PKK PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&DAPUS.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NUR FADILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus seperti Tunagrahita yang artinya Retardasi mental atau yang berarti Keterbelakangan secara mental dipastikan lebih mudah mengalami stres secara psikologis dibandingkan dengan orangtua yang memiliki anak normal. Qana’ah merupakan sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Adanya rasa syukur yang dimiliki orangtua rasa syukur yang baik dengan memiliki anak tunagrahita akan mampu mengembangkan semua potensi yang dimilikinya dengan optimal dalam kehidupannya. permasalahan yang peneliti temui untuk melihat seperti apa orang tua sebelum adanya sifat qona’ah seinggah orang tua bisa menerima kenyataan dan merasakan rasa syukur yang tiada batas. Tujuan penelitian ini Mengetahui Bagaimana Implementasi Qana’ah Dalam Menanamkan Rasa Syukur Pada Orangtua Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan dan besifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, penulis bermaksud mencari, menuturkan, dan menganalisis fenomena-fenomena yang terjadi dan berlangsung saat ini dan berhubungan dengan peran orangtua sehingga untuk mengetahui Qana’ah dalam menanamkan rasa syukur pada orangtua anak tunagrahita. Hasil penelitian menunjukan bahwa Qana’ah dalam menanamkan rasa syukur pada orangtua telah terlaksana dan di terapkan oleh orangtua dimana Qana’ah adalah suatu sifat yang dimiliki oleh orangtua sehingga orangtua yang mempunyai sifat Qana’ah telah menerima ketika berada dalam ketiadaan dan tidak memiliki apa yang diinginkan. Dan menerima pemberian Allah dengan tangan terbuka dan senang hati, tidak mengeluh meskipun pemberian itu tidak sesuai dengan jerih payah yang telah dilakukan. Berdasarkan kesimpulan mengenai Implementasi Qona’ah dalam menanamkan rasa syukur pada orangtua tunagrahita pada semua subjek sesuai teori dan indikator karakter Qana’ah dapat disimpulkan dimana Orangtua Menerima apa adanya pemberian Allah SWT, Tidak merasa gagal dan frustasi, melainkan berusaha menerima yang ada, Menerima Dengan Sabar Akan Ketentuan Tuhan. Kata kunci : Qona’ah Bersyukur dan Tunagrahit. ABSTRACT Parents who have children with special needs such as mental retardation, which means mental retardation, are more likely to experience psychological stress than parents who have normal children. Qana'ah is an attitude of being willing to accept and feeling sufficient for the results one seeks and distance oneself from feelings of dissatisfaction and feelings of lack. There is a sense of gratitude that parents have, good gratitude by having a mentally retarded child will be able to develop all the potential he has optimally in his life. the problems researchers encountered were to see what parents were like before the existence of the qona'ah trait so that parents could accept reality and feel boundless gratitude. The purpose of this study is to find out how Qana'ah is implemented in instilling gratitude in parents of mentally retarded children in special schools. This research method is a qualitative method using a field study approach and is descriptive in nature. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The author intends to find, describe, and analyze phenomena that are happening and taking place at the moment and are related to the role of parents so as to find out Qana'ah in instilling gratitude in parents of mentally retarded children. The results of the study show that Qana'ah in instilling gratitude in parents has been carried out and applied by parents where Qana'ah is a trait possessed by parents so that parents who have Qana'ah characteristics have accepted when they are in their absence and do not have what they want. And accept God's gifts with open and happy arms, not complaining even though the gift is not in accordance with the hard work that has been done. Based on the conclusions regarding the implementation of Qona'ah in instilling gratitude in mentally retarded parents on all subjects according to the theory and indicators of Qana'ah character, it can be concluded that parents accept what Allah SWT has given them, do not feel failed and frustrated, but try to accept what is there, accept patiently God's provisions. Key words: Grateful Qana'ah and mentally retarded

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:49
Last Modified: 01 Aug 2023 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29194

Actions (login required)

View Item View Item